Jumat, 27 April 2018

Mbah Dim Kisahkan Kiai Anwar Batang di Haul KH Sya'ir

Mbah Dim bersama Dzuriah al-Magfurlah KH. Sya'ir, seusai istighosah.
DutaIslam.Com - Kiai Anwar adalah ulama dari Batang yang satu masa dengan Kiai Nawawi Banten dan Kiai Kholil Bangkalan. Begitulah yang disampaikan KH Dimyati Rois Kaliwungu dalam acara Istigosah dan Haul al-Magfurlah KH. Sya'ir dan al-Magfurlaha Nyai Hj Amanah beserta Haflah Akhirussanah di Pos-Pes al-Ishah Desa Plumbon, Limpung, Batang, asuhan KH Abdul Manab Sya'ir (24/04/2018).

Mbah Dim, panggilan masyarakat kepada KH Dimyati Rois, juga bercerita, dulu Kiai Nawawi Banten, Kiai Kholil Bangkalan dan Kiai Anwar Batang pernah singgah di rumah Kiai Anwar di Batang.

Menurut Mbah Dim, Kiai Anwar Batang juga seoarang kiai yang menulis kitab. Salah satu kitabnya membahas perihal hewan-hewan laut.

"Kitab Kiai Anwar namanya 'Aisyul Bahri," jelas Muhtasyar PBNU ini.

Mbah Dim selalu diminta hadir di Haul KH Sya'ir, oleh para penerus KH Sya'ir. KH Sya'ir adalah salah satu ulama yang mengibarkan bendera Nahdhatul Ulama di daerahnya. Beliau juga pendiri Pon-Pes TPI al-Hidayah, yang terletak di Desa Plumbon Limpung Batang pada tahun 1951, dan menurut beberapa sumber, dulu juga ikut aktif di barisan tentara Hizbullah, mengusir penjajah. [dutaislam.com/zaim/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini