Kamis, 05 April 2018

[Hoax] Foto Banser Siap Berantas Radikaliseme, Diubah Membelot Ketum PBNU

Hoax Banser Tasiklamlaya. Foto: Dutaislam.com
DutaIslam.Com- Akun bej4t kurangajar bernama Indah Assaufa menyebar hoax Banser Tasikmalaya membelot dari Ketum PBNU Said Aqil Siraj. Dalam foto tersebut Banser Tasikmalaya juga dinyatakan siap mengusir PKI dan si pembela penista Al-Qur’an.

“Maaf kami bukan umat Said Aqil. Kami Banser se Tasikmalaya siap mengusir PKI dan si penista Al-Qur’an. Jawa Barat bersatu melawan PKI dan Syi’ah,” demikian tulisan dalam foto ratusan banser yang mengenakan kaos tersebut.

Oleh akun palsu Indah lantas diberi caption sebagai Banser yang baik. “ Ini baru namanya banser yang baik,” tulisanya, Rabu (04/04/2018)

Jelas sekali tulisan dalam foto tersebut hoax karena memang tidak pernah ada ungkapan semacam itu dari Ansor-Banser Jawa Barat. Netizen yang melihat postingan tersebut juga meragukan. Pasalnya, pada tulisan kaos yang dipakai Banser bukan atas nama Banser Tasikmalaya.

”Dari tulisan di kaos belakang bukan Kabupaten Tasikmalaya walaupun tulisannya nggak terlalu jelas. Lagian ini info Banser hanya ditambah-tambahin kata-kata yang belum tentu benar dan sesuai dengan foto dan tulisan. Karena kalau Banser pasti milik NU ketumnya yang Kiai Said Aqil Siraj. Ini mah kejaan orang yang suka buat hoax,” tulisan akun bernama Nelson Manurung.


Berdasarkan penelusuran Cyber Dutaislam.com, baik foto maupun tulisan dalam foto tersebut adalah hoax. Foto tersebut merupakan foto Banser Jawa Timur saat acara Diklatsar Banser III Satkorcab Banser Trenggalek di Pondok Pesantren Hidayatulloh Kecamatan Pule, Trenggalek.

Awal mula foto diunggah media online facta-news.com Mei 2016 lalu dengan judul berita “Banser NU Siap Memberantas Kelompok Radikal di Indonesia”.

Ini buktinya:


Dan pada 2018 ini, oleh akun Indah disebarkan dengan tulisan kurangajar bahwa Banser Tasikmalaya membelot dari Ketum PBNU NU Said Aqil Siraj. Duuh! [dutaislam.com/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini