Rabu, 25 April 2018

Gus Nadir Sebut 'Dungu' Orang yang Ngotot Pakai Masjid untuk Mempolitisasi Ayat dan Hadits

Prof Nadirsyah Hosen. (Foto: pwansorjabar.org)
DutaIslam.Com - Prof Nadirsyah Hosen atau yang akrab dipanggil Gus Nadir, menyebut 'dungu' orang-orang yang ngotot mau menggunakan masjid untuk mempolitisasi ayat dan hadits dengan alasan jaman Nabi masjid merupakan tempat membahas semua hal.

"Halah! Emangnya dulu Nabi khutbah bahas Pilkada & Pilpres? Emangnya Nabi mencaci kandidat & partai tertentu?," terang Gus Nadir melalui akun twitternya @na_dirs, Rabu (25/04/2018).

"Klean itu dasar “dungu” —mengutip istilah Rocky Gerung," kata Gus Nadir menambahkan, sambil memberi emoticon senyum-senyum.

Ia mengutip Amien Rais 22 tahun lalu, di mana ada “high politics” yang bicara politik dalam hal kesejahteraan, keadilan, dan nilai-nilai lainnya. Dan ada “low politics” yang hanya bicara dukungan dan kebencian saja.

"Nah, bicara “high politics” Oke saja di Masjid. Tapi sayang Amien Rais sekaran bicaranya “low”," tandas Gus Nadir.

Menurut Gus Nadir, masjid dan rumah ibadah lainnya jangan dijadikan tempat bicara kotor, mengumpat, mencaci, memfitnah parpol atau kandidat tertentu. "Bicaralah tentang nilai etis menegakkan keadilan, kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat," lanjutnya

Ia menjelaskan, kalau kita bicara “low politics” di Masjid dan rumah ibadah lainnya, kita telah menurunkan ketinggian rumah ibadah dan merusak persatuan umat. Karena masing-masing dari kita berhak punya pilihan politik yang berbeda tanpa harus diintimidasi atas nama agama di rumah ibadah.

"Lagian klean itu gak punya bahan lain apa yah utk mengkritik incumbent dan mengoreksi kebijakan pemerintah. Banyak lho bahannya...kok malah mempolitisir ayat dan hadits?," kata Gus Nadir.

"Cerdas dikitlah dalam berpolitik biar gak jadi “dungu” —sekali lagi meminjam ungkapan Rocky Gerung," imbuhnya. [dutaislam.com/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini