Senin, 09 April 2018

[Wow] Biogas untuk Masak Telur di Ponpes Al Yasini Bersumber dari WC Santri

Menteri ESDM Ignasius Jonan dan pengasuh Ponpes Al Yasini KH A Mujib Imron. (Foto: Istimewa)
DutaIslam.Com - Tak terbayangkan ketika Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) datang ke Pondok Pesantren Al Yasini Jember Jawa Timur dan berdemo menggoreng telor kemudian hasilnya diberikan kepada para kiai yang hadir ternyata sumber gasnya berasal dari WC santri yang berjumlah 3 ribu bermukim di pesantren.

Tapi itulah yang terjadi, dan Menteri Ignasius Jonan hadir ke pesantren ini dalam rangka meresmikan  instalasi yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, rampung pada Agustus 2017 dan dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak bagi 3.000 santri.

"Saya sangat salut bahwa pondok pesantren menjadi pelopor energi baru terbarukan, pelopor modernisasi energi di Indonesia. Tidak semua wilayah Indonesia mau membangun," kata Jonan saat peresmian.

Menurut Jonan, Kementerian ESDM selain membangun biogas komunal di berbagai tempat, juga membangun instalasi energi terbarukan lainnya, serta sumur bor air tanah skala besar.

Pengasuh PP Al Yasini, KH A Mujib Imron mengatakan pembangunan biogas komunal tersebut sangat besar manfaatnya bagi santri. "Saya sampaikan terima kasih pada Pak Menteri. Bantuan ini sangat bermanfaat. Bayangkan di sini ada 3.000 santri, dengan penambahan 50 WC mereka jadi tak terlambat masuk sekolah," katanya.

"Terima kasih. Limbah (tinja) jenengan (kamu) semua setiap hari bisa jadi sumber energi terbarukan," ungkap Kiai Mujib merujuk pada ribuan santrinya yang ikut menyambut Jonan hadir di Pesantren Al Yasini, Sabtu (07/04/2018).

"Pondok manapun kalau berkenan, kita akan bangun. Ini APBN, uangnya rakyat harus kembali ke rakyat. Pesantren Al Yasini kalau mau dibangun sumur bor untuk 3.000 santri, kita akan bangun. Kalau mau dibangun listrik tenaga surya, kalau para kiai setuju, langsung kita bangun. Saya bawa semua ahlinya ke sini," terang Jonan. [dutaislam.com/muiz/gg]

Source: NU Online

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini