Kamis, 29 Maret 2018

Tafsir Sesat ala Sugi Nur Raharja Tentang Jokowi dan Surat Al-Qur'an ke 83

Saat sang Muzalzil Sugi Nur Raharja marah-marah.
DutaIslam.Com - Lagi, Sugi Nur Raharja, alias Dus Nur, kembali mengeluarkan ujaran kebencian kepada Presiden Joko Widodo dalam sebuah ceramah. Sekali lagi, dalam sebuah ceramah. Yang diunggah di media sosial.

Dalam video tersebut, Dus Nur mengajak berhitung (kayak anak TK aja yah) jumlah huruf J-O-K-O-W-I. Dengan metodologi yang tidak disebutkan, jumlah nama itu kena hitungan angka 83. Lalu, Dus Nur (lagi-lagi tanpa metode), mengaitkan angka itu dengan nama surat Al-Muthoffifin (surat ke 83 Al-Qur'an) yang jumlah ayatnya ada 36 itu.

Karena makna surat tersebut adalah "curang", maka, Dus Nur kemudian menyimpukan bahwa pemakai nama Jokowi disebutnya curang. Tafsir curang ala manalagi Dus Nur bisa mendapatkannya. Anda hanya boleh Wallahu a'lam. Hanya orang-orang yang curang saja yang bisa menjelaskannya, bukan.

Sugi curang. Pasalnya, nama lengkap Presiden Jokowi adalah Joko Widodo. Bukan Jokowi saja. Itu hanya nama popular. Istilahnya nama beken. Sebagaimana Sugi, yang mempolerkan dirinya dengan nama Dus Nur, walau kemudian dicopot olehnya sendiri, karena capai mencari pengakuan tapi tak kunjung dapat pengakuan yang ia maksud.

Kalau mau jujur, Dus Nur harusnya menghitung ala ala tafsir sesatnya secara lengkap atas nama Joko Widodo. Bukan Jokowi saja. Jika dihitung Joko Widodo, Dus Nur tak bisa berhitung pakai Al-Qur'an mengingat jumlah suratnya hanya 114 nama.

Jika lengkap dihitung, nama Joko Widodo sampai ke jumlah angka 165. Mana mungkin Dus Nur bisa menggunakan angka itu untuk ambil makna surat Al-Qur'an. Lha wong, sekali lagi, jumlah surat Al-Qur'an hanya 114 kok. Ini namanya curang. Ini namanya licik. Ini namanya mencari pembenaran untuk ujaran kebencian.

Lihatlah hitungan ala Sugi Nur Raharja atas nama Joko Widodo:

J: 10
O: 15
K: 11
O: 15

W: 23
I:  9

D:  4
O: 15
D:  4
O: 15

Tafsir Sesat ala Sugi Nur Raharja Tentang Jokowi


Bila dihitung sampai Jokowi saja, ketemunya ya memang 83. Jika ia berani lanjut, Dus Nur akan menemukan angka tanpa mencurangi nama berjumlah 121. Dia tidak akan bisa mendapatkan tafsir sesat karena, sekali lagi, jumlah surat dalam Al-Qur'an hanya sampai 114 surat saja.

Begitu pula ketika kita jujur menghitung nama lengkap Dus Nur, Sugi Nur Raharja. Ketemunya adalah angka 165, melampaui jumlah surat dalam Al-Qur'an. Ini hasil hitungan tim redaksi Dutaislam.com:

S: 18
U: 21
G: 7
I: 9

N: 14
U: 21
R: 18

R: 18
A: 1
H: 8
A: 1
R: 18
J: 10
A: 1

Sekali lagi, jika dihitung tanpa curang, nama Joko Widodo berjumlah 121 (bukan 212). Dan Sugi Nur Raharja jumlahnya 165. Tapi, jika kita sama-sama menghitung nama populer keduanya, maka nama Sugi akan ketemu di angka 99. Ini hitungannya, dimana redaksi masih menghormatinya sebagai "Gus".

G: 7
U: 21
S: 18

N: 14
U: 21
R: 18

Jumlahnya jadi 99 kan? Silakan cek, surat Al-Qur'an urutan ke 99 di sini: Jumlah Surat dan Ayat dalam Al-Qur'an yang Sebenarnya. Anda akan menemukan nama Surat bernama Az-Zalzalah, yang artinya goncangan. Bagaimana asbabul nuzul Surat Az-Zalzalah itu? Mari simak.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Sa’id bin Jubair begini:

Ketika turun ayat 8 Qur'an Surat Al-Insan (artinya: dan mereka memberi makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan), kaum muslimin waktu itu menganggap bahwa orang yang bersedekah sedikit tidak akan memperoleh pahala; orang yang berbuat dosa kecil, seperti berbohong, mengumpat, mencuri penglihatan, dan sebagainya tidak bercela; serta menganggap bahwa ancaman neraka dari Allah hanya disediakan bagi orang-orang yang berbuat dosa besar.

Karena perilaku yang menganggap berbohong, mengumpat serta lainnya bukan bagian dari yang tercela, maka turunlah ayat-ayat dalam Surat Az-Zalzalah 7-8 sebagai bantahan terhadap anggapan mereka itu.


Siapa yang selama ini mengumpat dengan "diancuk, dobol jaran, apa kabar cebong-cebong, apa kabar dobol-dobol?" Apakah orang bernama Jokowi atau Gus Nur? Anda pilih sendiri jawabannya. Senyumin yuk. [dutaislam.com/ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini