Gus Mus: Semangat Beragama Tinggi Tanpa Ngaji, Bermasalah!
Cari Berita

Advertisement

Gus Mus: Semangat Beragama Tinggi Tanpa Ngaji, Bermasalah!

Duta Islam #03
Selasa, 06 Maret 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: Istimewa
DutaIslam.Com - Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang KH Ahmad Mustofa Bisri mengatakan, orang beragama dengan semangat berlebihan, tapi tanpa mengaji itu menjadi masalah. Jadi apa pun harus ngaji.

Gus Mus mengutip sebuah hadits, siapa yang menginginkan dunia, maka harus ngaji. Bila ingin akhirat, maka harus ngaji. Siapa ingin keduanya, juga harus ngaji .

“Semangat berlebihan dalam agama tanpa diimbangi pemahaman mendalam terhadap agama akan  jadi  masalah,” ujarnya saat tampil menjadi narasumber Mengaji Indonesia di UIN Surabaya, Senin (05/03/2018) malam.

Baca Juga: Gus Dur ke Gus Mus: "Saya Senang di Kuburan, Orangnya Baik-baik"

Menurut Gus Mus, di atas langit ada langit, di atas orang pintar ada yang lebih pintar. Mengaji itu dari lahir hingga liang lahat. Boleh berhenti sekolah, tapi tidak boleh berhenti belajar.

Pemerintah Harus Tegas
Lebih lanjut Gus Mus menyampaikan, kita itu dari berbagai manusia yang mempunyai kedudukan sendiri-sendiri.  Permasalahasan-permasalahan tentang menjaga keindonesiaan segala macam, menjaganya juga berbeda-beda.

Baca Juga: Sangar! Puisi Gus Mus "Kau Ini Bagaimana?" Jadi Bahan Demo di Malaysia

“Ada persoalan-persoalan di masyarakat kita, dan paling saya hanya mampu ngomong atau menulis. Pemerintah itu berbeda atau lain dengan saya. Kalau saya mengimbau, itu pantas, tapi kalau pemerintah itu mengimbau itu kurang pantas. (Pemerintah) bisa melaksanakan, mempunyai wewenang,” ucap Gus Mus

“(Menangani ) persoalan-persoalan ini pemerintah harus di depan karena yang mempunyai tanggung jawab melayani umat ini hanya pemerintah. Jadi soal halal haram, diskriminasi dan lainnya, kalau sekadar Pak Rektor, apalagi saya, itu tidak bisa,” lanjutnya.

Baca Juga: Difitnah C4bul Karena Lukisan Inul, Gus Mus: Itu Karena Mereka Nggak Paham

Menurut Gus Mus, pemerintah harus tegas. Karena ini negara hukum, maka harus taat hukum, siapa pun harus taat hukum.

“Jadi, harus ada yang langsung melakukan eksekusi karena memiliki wewenang. Ada yang mengimbau, dan semuanya bareng-bareng mendandani rumah kita,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Gus Mus, satu sama lain harus saling mendukung untuk kepentingan Indonesia.  Dalam rumah ini tentu saja berbeda-beda. Isinya macam-macam. Intinya sudah diajarkan agama, yaitu dengan rahmatan atau kasih sayang.

“Asal kita mendahulukan kasih sayang, kita tidak hanya akan masuk surga, tapi kita sudah di surga itu sendiri,” ujar Gus Mus. [dutaislam.com/pin]

source: NU Online

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB