Minggu, 04 Maret 2018

Dampak Revolusi Digital: Umur Manusia Akan Tambah Panjang. Percaya?

Ilustrasi: Istimewa
Oleh Jonathan Brathwaite

DutaIslam.Com - Mari bersiap memasuki kehidupan dengan perubahan maha dahsyat disegala bidang, dalam waktu yang super cepat. Siapkan pula putra-putri Anda untuk menghidupi dan menjalaninya. Selamat hidup dalam perubahan.                                   

Managing Director of Mercedes Benz, mengatakan bahwa pesaing mereka di masa depan nanti bukan lagi perusahaan-perusahaan otomotif melainkan Tesla (sangat nyata sekali), Google, Apple, Amazon. Selalu ada 3 hal yang terus menerus terjadi…. Kematian, Pajak dan PERUBAHAN!

Software atau perangkat lunak akan merusak semua industry-industri tradisional dalam 5-10 tahun kedepan.

Uber hanyalah satu peralatan perangkat lunak, mereka tidak memiliki mobil, tapi sekarang mereka menjadi perusahaan taxi terbesar dunia;

Airbnb sekarang menjadi perusahaan perhotelan terbesar di dunia, walaupun mereka tidak memiliki property (asset);

Inteligensia Buatan: Komputer menjadi semakin mengerti kebutuhan dunia. Tahun ini, sebuah computer telah berhasil mengalahkan pemain catur terbaik dunia, 10 tahun lebih cepat dari yang di-prediksikan;

Di Amerika Serikat, pengacara-pengacara muda sudah mulai kesulitan mendapatkan pekerjaan. Karena sebuah perangkat yang bernama IBM Watson, anda bisa mendapatkan saran-saran hukum (sejauh ini masih hal-hal dasar) hanya dalam beberapa detik saja, dengan tingkat ke-akurasian 90%, dibandingkan dengan tingkat akurasi yang hanya 70 persen, jika dilakukan oleh manusia;

Jadi, kalau anda belajar hukum, segeralah berhenti kuliah. Pengacara hukum akan berkurang sebesar 90 peresen di masa depan. Hanya ahli-ahli yang akan bertahan.

IBM Watson juga telah berhasil menolong para perawat untuk mendiagnosa kanker, 4 kali lebih akurat dari pada perawat-perawat manusia.

Saat ini saja Facebook telah memiliki satu perangkat lunak yang dapat mengenali wajah denga lebih baik dari pada manusia. Tahun 2030, computer akan menjadi lebih cerdas dari pada manusia.

Mobil yang dikendalikan tanpa bantuan manusia akan diluncurkan pertama sekali pada tahun 2018 ini untuk public.

Sekitar tahun 2020, seluruh perusahaan mobil konvensional akan mulai terganggu. Pada waktu itu nanti, anda tidak akan lagi merasa perlu memiliki sebuah mobil. Anda akan menelpon sebuah mobil, yang akan datang ke lokasi di mana anda berada, lalu kemudian mengantarkan anda ke tempat tujuan anda. Anda tidak perlu lagi repot memarkirkan mobil, dan anda hanya tinggal membayarkan jarak tempuh, serta masih tetap produktif sewaktu mengendarai. Anak-anak kita di masa depan tidak akan pernah lagi mendapatkan Surat Ijin Mengemudi dan tidak akan memiliki mobil.

Semua itu akan merubah kota-kota, karena nantinya kita akan melihat jumlah mobil berkurang 90 – 95%. Kita dapat mengubah tempat-tempat parkir menjadi taman-taman. Setiap tahun, jumlah kematian akibat kecelakaan mobil di seluruh dunia mencapai 1,2 juta orang.

Dengan transformasi yang terjadi seperti di atas, kita hanya akan mengalami satu kecelakaan mobil setiap 100.000 km, karena dengan supir otomatis, angka kecelakaan akan menurun tajam menjadi 1 kecelakaan setiap 10 juta km. Hal tersebut akan menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahunnya.

Kebanyakan perusahaan otomotif akan menjadi bangkrut. Perusahaan-perusahaan otomotif tradisional akan mencoba pendekatan evolusi dan membangun mobil-mobil yang lebih baik, sementara perusahaan-perusahaan teknologi, seperti Tesla, Apple, Google akan melakukan pendekatan revolusionari dan membangun computer dalam setiap roda-roda yang ada.

Banyak insinyur-insinyur dari Volkswagen dan Audi yang benar-benar ketakutan dengan Tesla.

Perusahaan-perusahaan asuransi akan mengalami kesulitan besar, karena tanpa adanya kecelakaan, harga asuransi akan menjadi 100 x lebih murah. Bisnis asuransi mobil yang mereka miliki akan hilang.

Industri perumahan akan berubah. Karena, jikalau anda dapat bekerja sambil bepergian, maka orang akan mulai tinggal lebih jauh untuk bisa mendapatkan lingkungan yang lebih indah.

Mobil-mobil yang digerakkan listrik akan menjadi yang terutama pada sekitar tahun 2020 nanti. Kota- kota akan berkurang tingkat kebisingannya, karena mobil akan bergerak dengan tenaga listrik. Listrik akan menjadi sangat murah dan bersih: Produksi tenaga matahari telah menunjukkan grafik perkembangan yang sangat luar biasa selama 30 tahun terakhir ini, tapi sekarang anda justru akan meliht dampak perkembangannya.

Tahun lalu, listrik tenaga surya telah lebih banyak dipasang diseluruh dunia dibandingkan listrik konvensional. Perusahaan-perusahaan tenaga listrik konvensional terus mencoba dengan sangat keras untuk membatasi persaingan antara jaringan-jaringan listrik dengan jaringan tenaga matahari, namun usaha mereka tidak akan bertahan lama. Teknologi akan ‘menghabisi’ strategi curang tersebut dengan sendirinya.

Dengan listrik murah, maka akan hadir juga air yang murah dan berlimpah. Penyulingan air asin (laut) sekarang hanya membutuhkan 2kWh per-kubiknya (sekitar 0.25 sen). Kita tidak akan mengalami kelangkaan air di banyak tempat lagi, paling-paling hanya kelangkaan air minum. Bayangkan apa yang akan mungkin terjadi jika semua orang dapat memiliki sebanyak mungkin air bersih yang dia inginkan, dengan hampir tanpa biaya.

Kesehatan: Harga dari ebuah alat yang bernama ‘Tricorder X’ akan diumumkan tahun ini. Ada perusahaan-perusahaan yang akan membangun satu alat kesehatan (disebut ‘Tricorder’ dari istilah Star Trek) yang akan berfungsi dengan telepon genggam anda, dan bertujuan untuk mengambil scan retina mata, sampel darah dan anda tinggal bernafas saja di alat tersebut.

Alat ini kemudian akan menganalisa 54 tanda-tanda alami yang akan mengidentifikasi semua jenis penyakit yang dialami. Harganya akan menjadi sangat murah, sehingga dalam beberapa tahun ke depan, setiap orang yang ada di planet bumi akan memiliki akses terhadap analisa kesehatan peringkat tertinggi dunia, hampir tanpa biaya. Selamat tinggal penemuan-penemuan medis.

Pencetakan 3 D: Harga mesin cetak 3 D turun drastic dari semula berharga $18.000 menjadi $400 dalam 10 tahun terakhir. Dan diwaktu yang sama, kecepatannya juga menjadi 100 kali lebih cepat. Hampir semua perusahaan sepatu besar telah memulai pencetakan sepatu-sepatu 3 D.

Di bandara-bandara yang berada di pedalaman, beberapa onderdil cadangan telah berhasil dicetak dengan menggunakan mesin cetak 3 D. Saat ini, di stasiun antariksa telah memiliki mesin cetak yang sanggup mengurangi kebutuhan membawa onderdil dalam jumlah yang banyak di masa lampau.

Pada akhir tahun ini, telepon-telepon genggam yang baru akan mempunyai kemampuan menggambar 3 Dimensi. Anda akan bisa men-scan kaki anda dan kemudian mencetak sepatu anda sendiri di rumah.

Di Cina, mereka telah berhasil membuat rancangan dan membangun bangunan perkantoran 6 lantai melalui system 3 Dimensi. Pada tahun 2027, 10% dari semua barang-barang produksi akan dicetak dengan system 3 D.

Kesempatan Wira Usaha: Jikalau anda berpikir tentang satu kesempatan usaha yang ingin anda jalankan, tanyakan kepada diri sendiri: “Di masa depan nanti, akankah kita memiliki hal tersebut?” dan jika jawabannya adalah ya, bagaimana caranya anda dapat membuatnya ter-realisasi lebih cepat?

Jikalau apa yang anda pikirkan tidak dapat berjalan dengan telepon genggam anda, lupakanlah ide tersebut. Setiap ide yang dirancang untuk keberhasilan di abad ke-20, terancam gagal di abad ke-21.

Pekerjaan: 70 – 80% pekerjaan akan lenyap dalam 20 tahun kedepan. Akan ada lebih banyak pekerjaan-pekerjaan baru, tapi tidak jelas apakah akan ada cukup pekerjaan baru bagi semua orang dalam kurun waktu yang demikian singkat.

Pertanian: Akan ada robot pertanian seharga $100 di masa depan. Para petani di Negara-negara dunia ke-3 dapat menjadi manajer di ladang mereka sendiri, dan tidak perlu lagi bekerja seharian di sawah/ladang tersebut.

Sistem pertanian aeroponics akan membutuhkan lebih sedikit air. Lahan yang dulunya dimanfaatkan untuk menghasilkan daging sapi muda, sekarang tersedia lebih banyak dan akan membuat harga daging menjadi lebih murah pada tahun 2018. Saat ini, 30% dari seluruh lahan pertanian dipakai untuk sapi. Bayangkan jika kita tidak membutuhkan lahan sebesar itu lagi.

Sudah banyak usaha-usaha baru yang sebentar lagi akan mulai memasarkan protein dari serangga. Serangga-serangga ini menghasilkan lebihbanyak protein dari pada daging. Akan diberi cap atau label “Sumber Protein Alternatif” (karena masih banyak orang yang menolak ide memakan serangga).

Ada sebuah aplikasi yang disebut ‘moodies’ yang sudah dapat mengatakan perasaan anda sedang bagaimana saat ini. Pada tahun 2020 nanti akan ada aplikasi yang bisa mengatakan ekspresi wajah anda, misalnya jikalau anda berbohong. Bayangkan dalam debat politik, dimana stasiun televise tersebut menayangkan aplikasi ini, apakah si politikus sedang menyampaikan suatu pesan yang benar atau tidak!

Bitcoin, mungkin saja akan menjadi sistem mata uang sah….di dunia!

Masa hidup: Saat ini, masa hidup rata-rata manusia meningkat 3 bulan setiap tahunnya. Empat tahun yang lalu, masa hidup orang hanya 79 tahun, sekarang meningkat menjadi 80 tahun. Dan pertambahan tersebut akan semakin meningkat, dan pada tahun 2036, akan terjadi penambahan umur 1 tahun setiap tahunnya. Jadi, kita semua bisa hidup lebih panjang, mungkin bisa mencapai umur lebih dari 100 tahun.

Pendidikan: Telepon genggam termurah sudah dapat dimiliki seharga $10 di Afrika dan Asia. Pada tahun 2020 nanti, 70% manusia sudah akan memiliki telepon Pintar. Artinya, setiap orang akan memiliki akses yang sama kepada pendidikan peringkat dunia.

Setiap anak dapat menggunakan Khan Academy untuk segala sesuatu yang dibutuhkannya guna belajar di sekolah, seperti anak-anak yang hidup di Negara-negara maju. Perangkat lunaknya sudah mulai dilucurkan di Indonesia dan dalam waktu dekat akan diluncurkan ke dalam bahasa Arab, Swaheli, Mandarin.

Saya melihat satu potensi yang sangat luarbiasa, jika kita memberikan aplikasi berbahasa Inggris dengan Cuma-Cuma, supaya anak-anak di Afrika dan dimana saja dapat berbahasa Inggris dengan lancar, dan hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu setengah tahun saja. [dutaislam.com/gg]

Source: https://www.linkedin.com/pulse/interesting-talk-md-daimler-benz-jonathan-brathwaite

Diterjemahkan oleh: Octavianus Nathanael.

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini