Ratusan Alumni Ploso Siap Hadiri Munas Kedua IMAP di Pesantren Denanyar Jombang
Cari Berita

Advertisement

Ratusan Alumni Ploso Siap Hadiri Munas Kedua IMAP di Pesantren Denanyar Jombang

Selasa, 27 Februari 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Background acara Munas II Alumni Ploso di Pesantren Denanyar, Jombang, Ahad (4/03/2018)
DutaIslam.Com - Kegiatan Musyawarah Akbar lima tahunan oleh Ikatan Alumni Pondok Ploso Kediri (IMAP), beberapa hari lagi akan segera digelar. Informasi yang diterima Dutaislam.com, Munas Akbar tersebut InsyaAllah digelar pada Ahad, 4 Maret 2018 pukul 18.30 WIB di PP. Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang.

Musyawarah Nasional bertema "Peran Pesantren dalam Memperkokoh Aswaja dan Nasionalisme" itu diselenggarakan dalam rangka memilih ketua IMAP yang baru serta penetapan beberapa agenda, program kerja dan kebijakan organisasi alumni.

Penentuan tempat acara di kota Jombang, selain karena Denanyar merupakan pondok salah satu alumni Ploso KH. Abdussalam Shohib (Gus Salam), juga dikarenakan adanya keterkaitan sejarah antara Pondok Al Falah Ploso dengan beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah kota Jombang.

Diketahui, pendiri Pondok Ploso KH. Djazuli Usman pernah nyantri di Pondok Tebu Ireng Jombang dan berguru kepada KH. Hasyim Asy'ari yang ahli dibidang Ilmu Hadits.

Di sisi lain sistem belajar mengajar dengan metode musyawarah antar santri yang diilhami dari Pondok Tebu Ireng sampai sekarang tetap menjadi metode pembelajaran di Pondok Ploso yang mengutamakan diskusi keilmuan (syawir antar santri) pada setiap bidang keilmuan di masing-masingjenjang kelas Madrasah Riyadhatul Uqul (MISRIU) yang setingkat MTs dan MA.

Sejak Pondok Ploso didirikan pada 1 Januari 1925, hingga saat ini telah ada ribuan santri yang mendalami ilmu agama dengan disiplin keilmuan agama Islam dan berpaham ala Ahlissunnah Waljama'ah di sana. Para santri ini datang dari seluruh penjuru pelosok negeri.

Pondok Al Falah Ploso telah mencetak ribuan santri yang tersebar hamper di seluruh kota di Nusantara dan pada Maret tahun ini segenap santri/pengurus organisasi IMAP dan mutakharrijin (alumni) Ploso akan memadati Pondok Mamba'ul Ma'arif Denanyar untuk menggelar Munas ke-2.

Antusias dan semangat yang luar biasa dari para alumni Al Falah Ploso nampak sangat terasa. Hal ini dibuktikan dengan konfirmasi kehadiran dari para delegasi dari masing-masing kota dan propinsi se Indonesia yang hamper mencapai 500 orang dan hampir 100 persen nama-namanya masuk ke panitia.

"Kami insyaAllah sudah sangat siap untuk menyambut teman-teman untukbermunas di sini," ujar KH. Abdussalam Shohib (Gus Salam), pengasuh Ponpes Denanyar, Selasa (27/02/2018) siang.

Kiai Abdussalam yang akrab dipanggil Gus Alam tersebut berharap kepada teman-teman mutakharrijin Ploso, khususnya dari kota-kota di Jawa Timur, berkenan hadir meramaikan Munas ke 2 tersebut. [dutaislam.com/mk/ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB