Minggu, 25 Februari 2018

Kisah Mobil Kiai Ulil Albab Arwani yang Dibeli dari Cina

Foto: Istimewa
DutaIslam.Com - Salah satu kebiasaan para kiai-kiai kita adalah sangat berhati-hati menjaga syari'at Allah Subhanahu wa Ta'ala. Tidak asal mengumbar dalil, tetapi mereka mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus menjadi uswah para santri.

Dahulu, tahun 80an Abah Yai Ulil Albab Arwani memiliki sebuah mobil Daihatsu Cerry. Beliau membeli mobil tersebut dari seorang China di daerah Kudus.

Ketika sudah terbeli, mobil dibawa ke pondok untuk dibersihkan. Abah Yai pun memanggil seorang santri dan menyuruhnya untuk membersihkannya. Ada beberapa santri yang ikut membantu untuk membersikan dan ada pula yang hanya melihat dengan keheranan.

Usut punya usut, ternyata mobil tersebut dicuci dengan air yang dicampur dengan debu. Hal ini untuk ikhtiat (berhati-hati) siapa tau seorang China tersebut memelihara anjing yang sering diajak main di mobil.

Saat mobil dibersihkan, salah satu santri berseloroh "tak kiro seng iso keno najis mek menungso tok, ternyata mobil yo iso keno najis mugholadloh (saya kira yang bisa kena najis cuma manusia, ternyata mobil juga bisa terkena najis mugholadloh)," katanya sambil gumun. [dutaislam.com/gg]

Keterangan: Diceritakan dari Ustadz Ahmad Fauzi Fadhlan (Guru Tahfidh Pondok Yanbu' Krandon 1987-2005)

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini