Sabtu, 10 Februari 2018

Innalillah, Dua Bom Meledak Di Masjid Libya Ketika Jamaah Sedang Shalat Jum'at

Ledakan bom di distrik Majouri, Benghazi (Foto: Reuters)
DutaIslam.Com - Duka mendalam datang dari Libya. Dua bom meledak di dalam sebuah masjid di distrik Majouri, Benghazi, wilayah timur Libya. Ledakan terjadi ketika korban sedang melakukan shalat Jumat. Akibatnya dua orang tewas dan 55 lainya terluka dalam kejadian tersebut.

Menurut sumber dari kalangan militer, bom dalam tas tersebut diletakkan di rak sepatu dekat pintu masuk masjid. “Bom tampaknya telah diaktifkan dari jarak jauh, dan menggunakan ponsel,” kata salah satu sumber militer, seperti dilansir Reuters, Jumat (09/02/2018).

Sejauh ini belum diketahui siapa pelaku serangan keji tersebut. Namun, wilayah Benghazi memang rawan konflik. Daerah tersebut dikuasai oleh Tentara Nasional Libya (LNA), yang menjadi kekuatan dominan di Libya timur, yang dipimpin Jenderal Khalifa Haftar. LNA memang sejak tahun lalu sedang memerangi Islam radikal, termasuk beberapa kelompok yang terkait dengan ISIS dan Al Qaeda, serta lawan lainnya di kota pelabuhan Mediterania.

Aksi Haftar ini menjadi menonjol, karena ia juga berencana akan maju dalam pemilihan presiden yang akan diselenggarakan pada akhir tahun 2018. Menjelang pemilu itulah, Haftar telah membangun reputasinya dalam memberikan stabilitas di Benghazi dan sekitarnya, untuk menarik simpati warga.

Ia berjanji untuk menghentikan kekerasan yang terjadi, setelah sebelumnya sebuah pemberontakan yang didukung NATO mengakhiri rezim Muammar Gaddafi yang terjadi hampir tujuh tahun silam. Haftar meluncurkan kampanye militernya di Benghazi pada bulan Mei 2014 sebagai tanggapan atas serangkaian pemboman dan pembunuhan yang dituduhkan pada militan Islam.

Dalam beberapa bulan terakhir sesekali ada pemboman skala kecil yang tampaknya memang menargetkan sekutu atau pendukung LNA. [dutaislam.com/gg]

Source: Gatra.com

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini