Faktor Penyebab Munculnya Penyimpangan dan Kesesatan Menurut KH Hasyim Asy'ari
Cari Berita

Advertisement

Faktor Penyebab Munculnya Penyimpangan dan Kesesatan Menurut KH Hasyim Asy'ari

Duta Islam #02
Jumat, 09 Februari 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

Oleh Dafid Fuadi

DutaIslam.Com - Di antara penyebab muncul dan terjadinya penyimpangan-penyimpangan dalam Islam menurut  KH Muhammad Hasyim Asy’ari adalah:

1. Tidak Menguasai seluk beluk bahasa Arab dan berbagai gaya bahasa (Asaaliib) dalam bahasa Arab

KH Hasyim Asy’ari menegaskan bahwa sekian banyak orang tersesat dari jalan yang benar dikarenakan mengikuti pemahaman orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai gaya bahasa dalam bahasa arab. Beliau menyatakan: “Al Ashmu’i meriwayatkan dari al Khalil dari Abu ‘Amr ibn al ‘Ala-‘, ia berkata:

"أَكْثَرُ مَنْ تَزَنْدَقَ بِالعِرَاقِ لِجَهْلِهِمْ بِالعَرَبِـيَّةِ".

“Kebanyakan orang yang Zindik di Irak disebabkan kebodohan mereka tentang bahasa Arab."

2. Tidak Memiliki Perangkat Keilmuan yang Cukup

Ketika menjelaskan kewajiban bermadzhab bagi orang awam, KH Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa pemahaman orang awam tidak diperhitungkan sama sekali, selama tidak sesuai dengan pemahaman para ulama Ahlul Haqq al Akabir al Akhyar.

Karena sesungguhnya masalah bukan berada pada teks-teks al Qur’an ataupun hadits-hadits yg shahih, melainkan terletak pada pemahaman yang keliru terhadap teks-teks tersebut. Oleh karenanya, setiap ahli bid’ah dan orang yang tersesat-pun mengaku memahami ajaran-ajaran mereka yang batil dari al Kitab dan as-Sunnah, tetapi itu tidak menyelamatkan mereka dari kesalahan.

Demikian penting kaedah ini untuk diikuti dan diamalkan, sehingga KH Hasyim Asy’ari menegaskan bahwa seseorang yang bukan mujtahid mutlak diharuskan bertaklid kepada salah satu madzhab empat dan tidak boleh memahami sendiri dan beristidlal langsung dari ayat-ayat al Qur’an dan hadits-hadits Nabi. [dutaislam.com/gg]

KH Muhammad Hasyim Asy’ari, dalam Risalah Ahl as-Sunnah wa al-Jama’ah, hlm. 13.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB