8 Kelompok Manusia Ini Dapat Merubah Hidupmu
Cari Berita

Advertisement

8 Kelompok Manusia Ini Dapat Merubah Hidupmu

Duta Islam #03
Senin, 19 Februari 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: Istimewa
DutaIslam.Com - Hidup manusia ditentukan salah satunya dengan siapa dia bergaul. Pergaulan akan memberikan pengaruh. Kalau bergaul dengan orang baik maka kemungkinan kita akan menjadi baik. Sebaliknya, bergaul dengan orang jahat, bisa-bisa kita ikut menjadi jahat.

Setidaknya ada 8 kelompok manusia dalam pergaulan kita sehari-sehari. Jika kita berkumpul dengan delapan kelompok ini maka Alla juga akan memberi delapan perkara. Berikut delapan kelompok manusia tersebut:

١. من جلس مع الأغنياء زاده الله حب الدنيا والرغبة فيها

1. Barangsiapa yang sering duduk bersama orang-orang kaya, Allah akan menambahkan kepadanya cinta dunia dan semangat untuk mendapatkan dunia.

٢. ومن جلس مع الفقراء زاده الله الشكر والرضا بقسمة الله تعالى

2. Barangsiapa yang sering duduk bersama orang-orang miskin, Allah akan menambahkan kepadanya perasaan syukur dan ridha atas bembagian Allah.

٣. ومن جلس مع السلطان زاده الله الكبر وقساوة القلب

3. Barangsiapa yang sering duduk dengan para pemimpin/raja (Pejabat), Allah akan menambahkan kepadanya perasaan sombong dan keras hati.

٤. ومن جلس مع النساء زاده الله الجهل والشهوة

4. Barangsiapa yang sering duduk dengan perempuan, Allah akan menambahkan kepadanya kebodohan dan syahwat.

٥. ومن جلس مع الصبيان زاده الله اللهو والمزاح

5. Barangsiapa yang sering duduk dengan anak muda/anak-anak kecil, Allah akan menambahkan kepadanya lalai dan senda gurau.

٦. ومن جلس مع الفساق زاده الله الجرأة على الذنوب والمعاصي والإقدام عليها، والتسويف في التوبة

6. Barangsiapa yg sering duduk dengan orang-orang fasik (gemar bermaksiat), Allah akan menambahkan kepadanya keberanian berbuat dosa & kemaksiatan, serta semangat untuk berbuat maksiat, kemudian menunda-nunda akan taubat.

٧. ومن جلس مع الصالحين زاده الله الرغبة في الطاعات

7. Barangsiapa yang sering duduk dengan orang-orang yang sholeh, Allah akan menambahkan kepadanya kegemaran dalam amalan-amalan ketaatan.

٨. ومن جلس مع العلماء زاده العلم والورع

8. Barangsiapa yang sering duduk dengan para ulama', Allah akan menambahkan kepadanya ilmu & sikap waro (sangat berhati-hati dalam mengambil harta dunia).

Demikian delapan kelompok manusia yang bisa menentukan kehidupan kita. Semoga bermanfaat [dutaislam.com/ed/pin]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB