Mengapa Raja Abrahah Berambisi Inginkan Ka'bah Dipindah? Ini Penjelasan Habib Luthfi
Cari Berita

Advertisement

Mengapa Raja Abrahah Berambisi Inginkan Ka'bah Dipindah? Ini Penjelasan Habib Luthfi

Duta Islam #02
Minggu, 21 Januari 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Dalam sambutannya setelah pengesahan sidang pleno hasil Muktamar ke XII Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabaroh An Nahdliyyah (Jatman) di Pekalongan, Habib Luthfi melontarkan sebuah pertanyaan sekaligus memberikan statement, "Mengapa Raja Abrahah berambisi sekali inginkan Ka'bah dipindah ke Negerinya?"

Menurut Habib Luthfi, salah satu pertimbangan Abrahah ngotot untuk memindahkan Ka'bah ke Yaman adalah karena Ka'bah mampu mendatangkan pemasukan ekonomi yang besar.

"Diperhitungkan income yang masuk di tanah Makkah dari orang yang berhaji di zaman itu cukup luar biasa," jelas Habib Luthfi (17/01/2018).

Habib Luthfi memberikan contoh Sayyid Hasyim ketika menyiapkan untuk tamu-tamu hajinya sampai menyembelih kambing sebanyak lima ribu ekor.

"Bisa kita perhitungkan kok sampai lima ribu ekor, berarti income para ekonom itu sendiri mendapatkan pemasukan, keuntungan dari pembelian kambing yang sekian jumlahnya," lanjut Habib Luthfi.

Habib Luthfi juga menjelaskan, berapa pemasukan yang lain yang berbentuk antar kelas ataupun ekonomi kerakyatan yang mampu hidup karena pengunjung-pengunjung. Selain itu, lanjutnya, Intelektual yang berkembang di lingkup Makkah juga sayang tidak dimanfaatkan.

"Maka dengan dasar itu, Abrahah rela mengerahkan pasukan gajah, pasukan yang cukup tangguh," lanjut Habib Luthfi. Hal ini menurutnya juga menunjukkan bahwa militer di Makkah juga cukup kuat.

Kemudian Habib Luthfi menyimpulkan bahwa faktor utama Abrahah menyerang Makkah adalah faktor ekonomi.

"Itu yang saya pelajari kok sampai Abrahah menginkan Ka'bah dipindah ke Yaman," kata Habib Luthfi dalam memberikan motivasi kepada peserta Muktamar Jatman agar mampu meningkatkan sektor ekonomi. [dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB