Jumat, 19 Januari 2018

Makna Tersembunyi Kata "dengan" dalam Surat Al-Alaq Ayat 1

Foto: Istimewa
DutaIslam.Com – Ayat Qur’an yang turun pertama kali kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq ayat 1: “Bacalah dengan menyebut nama tuhanmu”. Begitu ayat tersebut turun Nabi Muhammad dengan gemetar berkata: “Saya tidak bisa membaca”.

Apakah benar-benar tidak bisa membaca dan menyebut nama Allah?

“Tidak mudah menyebut nama Allah, bukan berarti nabi tidak mengenal Allah karena nabi sudah dicitakan sebelum segala sesuatu diciptakan. Maka nabi mengatakan saya tidak tahu, dalam arti kami belum tahu tata cara yang baik,” ungkap Kiai Masroni ketika memberikan arahan pada Muktamar Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Muktabarah An Nahdliiyah (Jatman) komisi Matan, Rabu (17/01/2018).

Menurut Kiai Masroni, setelah turun ayat tersebut Nabi kemudian menyebut bismillahhirraamanirrahim. Ini terihat tidak selaras karena perintahnya iqra namun nabi menyebut nama Allah. Ini menunjukkan serangkaian yang dalam tafsir disebut amil maknawiyin.

”Harus ada kata “dengan” ini adalah rangkaian. Maknanya, apapun yang kami lakukan dengan menyebut nama Allah,” katanya.

Dari sini, melakukan segala sesuatu dengan menyebut nama Allah akan dijamin oleh Allah. Sesuai dengan dalil bismillahi ma’asmihi syaiun fil ardi wa laa fissama wahuwasamiiul alim.

“Berjalan dengan menyebut nama Allah. Bekerja dengan menyebut nama Allah. Semuanya pas. Ketika menyebut nama allah dijamin,” katanya.

Lebih lanjut menurut Kiai Masroni, dengan menyebut  nama Allah (bismillah) dalam segala perbuatan sama halnya manusia menyebut tiga nama Allah yang agung yaitu Allah, Rahman, dan Rahim. Dengan itu, manusia terhidar dari bahaya karena tidak ada bahaya bersama Allah. Namun demikian, semuanya harus dilakukan dengan kesengajaan.

”Mengapa di kamar kecil kita haram menyebut nama Allah, karena tidak layak nama Allah ditempatkan yang begitu tidak layak. Ini syariat,” tuturnya. [dutaislam.com/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini