Jumat, 26 Januari 2018

Kisah Umar dan Lelaki Pemabuk Bertaubat Karena Khomer Jadi Cuka

Umar bin Khattab. Ilustrasi: Istimewa
DutaIslam.Com - Pada masa kekhalifahan Sayyidina Umar bin Khattab, ada seorang lelaki yang gemar sekali minum khomr (arak). Suatu malam ketika lelaki itu sedang berjalan di sebuah gang di kota Madinah dengan sebotol arak di tangannya. Kemudian ia berjumpa dengan Sayyidina Umar.

"Dia adalah Umar bin Khoththob, apa yang aku katakan kepadanya jika ia bertanya padaku?" ucap lelaki itu dalam hati.

Jantungnya mulai berdebar-debar karena takut ketahuan oleh Sayyidina Umar. Kalau-kalau nanti sampai bertanya apa isi botol yang sedang dipegangnya.

Setiap malam Sayyidina Umar selalu berkeliling kota, mengamati keadaan rakyatnya. Jika Beliau mendapati kemungkaran, beliau segera memberantasnya. Cambuk Sayyidina Umar lebih ditakuti daripada pedangnya Hajjaj.

Setelah memeras otak lelaki itu pun berkata : "Yaa Allah, iika engkau selamatkan aku dari Umar saat ini, maka aku akan bertobat kepada-Mu."

Lelaki itu pun berpapasan dengan Sayyidina Umar.

"Apa itu yg kau bawa?" tanya Sayyidina Umar

"Botol" jawab lelaki itu.

"Apa isi nya?"

"Cuka"

"Bawa kemari!" kata Sayyidina Umar.

Beliau pun meneliti isi botol tersebut. Dan ternyata botol tersebut benar-benar berisi cuka.

Setelah Sayyidina Umar pergi lelaki itu pun bersyukur : "Yaa Allah, betapa seringnya aku bermaksiat kepada-Mu, namun kasih sayang-Mu begitu besar padaku. Mulai saat ini aku benar-benar bertobat kepada-Mu."

Catatan:  
Allah SWT mengetahui kesungguhan lelaki itu dan merubah Arak yang ada di dalam botol menjadi cuka.

Imam Al Ghazali berkata : "Sebagaimana Allah mampu merubah arak itu menjadi cuka, maka ketahuilah Allah juga Maha Mampu untuk merubah keburukan menjadi kebaikan".

Barang siapa bersungguh-sungguh bertobat kepada Allah SWT, maka keburukan-keburukan yang pernah dilakukan akan di catat sebagai kebaikan oleh Allah. Ini adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada manusia sebagai hamba. [dutaislam.com/ed/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini