Rabu, 13 Desember 2017

[Terbongkar] Inilah Pemimpin Tertinggi HTI yang Sejak Dulu "Mastur"


DutaIslam.Com - Hizbut Tahrir (HT) partai politik Islam internasional bercita-cita mendirikan khilafah. HT telah memiliki wilayah dakwah di lebih dari 40 negara. Di setiap wilayah, Amir Hizbut Tahrir menunjuk seorang anggota yang layak menjadi pemimpin tertinggi yang disebut Mas'ul 'Aam (penanggung jawab umum). Biasanya disingkat MA. Istilah lain yang digunakan selain MA, antara lain adalah Mu'tamad.

MA/Mu'tamad pemilik otoritas tertinggi di wilayah dakwah HT. Dialah wakil Amir HT di wilayah tersebut. Karena itu, jalur informasi dari dan kepada Amir HT hanya melalui dia. Dia bisa dan boleh berkomunikasi langsung dengan Amir HT.

Siapa sajakah anggota HTI yang pernah menjabat sebagai MA/Mu'tamad?

1. Ustadz Ahmad Saefullah alias Abu Fuad. Dia jadi MA/Mu'tamad di masa Orde Baru tahun 1980-an sampai akhir 1990-an. Dia mentor generasi pertama HT di Indonesia pasca Syaikh Abdurrahman Al-Baghdadi keluar dari HT. Sehari-hari Beliau mengelola Penerbitan buku Pustaka Thariqul Izzah di Bogor.

2. Ust. Muhammad Al-Khaththath. Dia menggantikan posisi Ust Abu Fuad di awal tahun 2000 sampai pertengahan tahun 2004. Pada tahun 2008 Ust Khaththath keluar dari HTI dan aktif di Forum Umat Islam (FUI).

Dari 2004-2008 Ust Khaththath jadi penanggung jawab lajnah fa'aliyah yang menangani tokoh tokoh nasional. Setelah dia keluar HTI 2008, lajnah fa'aliyah dipegang Ustadz Rahmat Kurnia dengan tambahan wewenang boleh berkomunikasi langsung dengan Amir HT.

Pada tahun 2010, lajnah thalabun nushrah yang mau menjalin hubungan gelap dengan militer dibentuk. Penanggung jawab lajnah thalabun nushrah juga bisa berkomunikasi langsung dengan Amir HT. Pada tahun itu itu dibentuk juga perwakilan media resmi HT internasional di Indonesia yang dipegang Ust. Tun Kelana Jaya. Dia anggota senior generasi awal HTI yang hidden.

3. Jabatan Ust. Khaththath digantikan oleh Ust Moch. Maghfur Wachid alias Hafidz Abdurrahman. Beliau cukup lama menjadi MA/Mu'tamad dari 2004-2010. Sekarang Beliau sibuk mengurusi Ma'hadnya yang berpusat di Bogor. Ma'had Syaraful Haramain yang Beliau sendiri sebagai Mudirnya.

4. Ust M. Rahmat Kurnia (dosen IPB) sempat jadi MA/Mu'tamad sementara pada tahun 2008 ketika Ust Hafidz Abdurrahman menunaikan ibadah haji.

5. 2010-2012 Ust Rohmat S Labib ditunjuk Amir HT menjadi MA/Mu'tamad.

Setelah tahun 2011, sumber Dutaislam.com sudah keluar dari HTI. Jadi tidak mengetahui siapa yang jadi MA/Mu'tamad HT di Indonesia sampai sekarang ini. [dutaislam.com/ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini