Sabtu, 23 Desember 2017

Innalillah, Ini Tragedi Ngeri 'Penggal Kepala' yang Menimpa Sahabat Nabi

Ilustrasi: Propaganda ISIS memenggal kepala korban. (foto: Istimewa).
DutaIslam.Com - Setelah Nabi Muhammad saw. meninggal, tidak bisa dipungkiri terjadi pertikaian di kalangan sahabat dan setelahnya. Dalam kitab-kitab sejarah tercatat berikut ini daftar para Sahabat yang dipenggal kepalanya. Innalillahi...

1. Kepala Sahabat Nabi yang pertama dipenggal adalah kepala Ammar bin Yasir dipenggal dalam perang Shiffin lalu dibawa kehadapan Muawiya kemudian dua orang saling berebut masing-masing mengaku bahwa dialah memenggal Ammar bin Yasir direkam dalam kitab Musnad Ahmad, hadis no. 6929, Thabaqat Ibnu Sa'ad III/253.

2. Amr bin Hamik juga turut dipenggal karena dituduh membunuh Utsman, Amr bin Hamik bersembunyi di sebuah goa dan dibunuh di situ, tentara Muawiyah memisahkan kepala dan badan lalu kepalanya dibawa ke hadapan Muawiyah di kota Dimasqi lalu kepala Amr bin Hamik diarak sekeliling kota. Tercatat di Thabaqat ibnu Sa'ad VI/25, al Isti'ab II/140, al Bidayah VIII/48, Tahzib at Tadhzhib VIII/24.

3. Kepala Muhammad bin Abu Bakar juga dipenggal ketika menjadi wali negeri Mesir. Tatkala Muawiyah menguasai negeri Mesir, Muhammad bin Abi Bakar dibunuh dengan cara dipenggal lalu jasadnya diletakkan di perut bangkai seekor himar lalu dibakar. Sejarah ini diiwayatkan di al Isti'ab I/235, at Thabari IV/79, Ibnul Atsir III/180.

4. Nu'man bin Bisyr karena membela Abdullah bin Zubair. Kepalanya di penggal lalu dilemparkan ke pangkuan istrinya. Terrekam dalam kitab Thabaqat Ibnu Sa'ad IV/349-356, al Bidayah VIII/189-192  
5. Mus'ab bin Zubair dieksekusi pula, kepalanya dipenggal lalu kepalanya dibawa berkeliling di kota Kufah dan Kota Mesir lalu dibawa dan digantung di Kota Damsyik Sumber Ibnul Atsir IV/14, Ibnu Khaldun III/35.

6. Pembunuhan Abdullah bin Zubair, Abdullah bin Shafwan, Umarah bin Hazm dengan memenggal kepala lalu kepala beliau dikirim ke Mekkah ke Madinah kemudian ke Damsyik dipertontonkan di setiap tempat lalu dikembalikan ke Mekkah dan digantung sampai membusuk. Sejarah ini diriwayatkan di al Isti'ab I/353-354, at ThabariV/33-34, al Bidayah VIII/332.

Demikian daftar para Sahabat yang dipenggal kepalanya. Belakangan, ada kelompok-kelompok yang mengaku Islam, menggunakan atribut Islam, tapi melakukan kekejaman yang serupa. Semoga kita terhindar dari fitnah akhir zaman. [dutaislam.com/ed/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post

1 komentar:

Ngeri juga baca kisah-kisah pemenggalan para shahabat Nabi. Org-org sholeh spt beliau pun tdk luput dari cobaan pembunuhan semacam itu. Tapi dihadapan org-org sholeh itu kengerian semacam ini tidak ada apa-apanya dibandingkan kalau harus durhaka pada Allah SWT lalu masuk neraka, seburuk-buruk tempat kembali.

POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini