Senin, 25 Desember 2017

Demi Keamanan, Banser GP Ansor Ketapang Bantu Amankan Misa Natal 2017


DutaIslam.Com - Guna mejaga toleransi antar umat beragama di Kabupaten Ketapang pada perayaan Natal 2017, puluhan orang dari Banser Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ketapang ikut melakukan pengamanan. Selain GP Ansor, Pemuda Pancasila (PP) dan Ormas Patriot Merah Putih juga melakukan hal serupa.

Dalam pengamanan, anggota organisasi tersebut bergabung bersama pihak Kepolisian, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja, tepatnya berjaga-jaga di pintu masuk utama setiap gereja yang ada di wilayah Kota Ketapang.

Ketua PC GP Ansor Ketapang, Misruki mengatakan, terlibatnya Banser GP Ansor dalam pengamanan Natal merupakan bentuk toleransi antar umat beragama dan saling menghargai. Terutama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terlebih menurutnya, akhir-akhir ini dimana-mana terjadi ancaman teror, sehingga Ansor terpanggil turut serta menjaga keamanan dan ketertiban bersama pihak keamanan. Bahkan, hal seperti ini sudah dimulai dari sejak dahulu.

"Oleh sebab itu, kita dari GP Ansor Ketapang ikut melakukan pengamanan membantu pihak Kepolisian, TNI dan pihak terlibat lainnya. Tujuannya untuk saling menjaga dan menghargai keyakinan masing-masing," kata Misruki, Minggu (24/12).

Selain itu, dijelaskannya, keikutsertaan Ansor melakukan pengamanan lantaran ada intruksi dari Pengurus Pusat (PP) GP Ansor mengingat Ansor merupakan Banom NU yang memiliki tugas menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

"Untuk dari Ansor sendiri akan membatu pengamanan dari malam sebelum Natal sampai tanggal 25 Desember," jelasnya.

Parodi Akot Gereja Katedral Santa Gemma GalganiKetapang, Marsianus Ajon SPd, mengapresiasi atas bantuan pengamanan dari berbagai Ormas dan OKP, seperti GP Ansor. Ia menilai, perayaan Natal tahun 2017 berbeda dari sebelumnya, terutama pada sisi keamanan.

"Semoga kerjasama dan saling menghargai seperti ini terus meningkat, meskipun pada dasarnya kita berbeda keyakinan," ungkap Ketua Panitia Perayaan Malam Misa Natal Gereja Katedral tersebut kepada media.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan pihak keamanan yang memiliki koordinasi. [dutaislam.com/absa/ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini