Jumat, 01 Desember 2017

Delapan Sunnah Bermanfaat bagi Kesehatan, Termasuk Rahasia Mengkonsumsi Buah Sebelum Makan

Foto: Istimewa
DutaIslam.Com – Sunnah Nabi itu memang super. Tak ada yang tidak bermanfaat. Itu tak lain karena perilaku nabi yang jauh dari kesalahan. Hal ini sudah ditegaskan dalam Al Qur’an. Akhlak nabi berdasarkan Al Quran. Kaana khuluquhu al Qur’an, kata Allah.

Berikut ini sembilan sunnah nabi yang bisa kita tiru karena memiliki manfaat. Selain dapat pahala juga bermanfaat bagi kesehatan.

1. B.A.B duduk beresiko tinggi terkena wasir/ambeien. BAB jongkok lebih bersih dan menyehatkan, dan yang terpenting itu adalah SUNNAH. Nabi BAB dengan jongkok.

2. Kencing berdiri beresiko prostat dan batu ginjal. Kencing jongkok lebih bersih dan menyehatkan dan yang terpenting adalah SUNNAH. Itu yang dilakukan nabi.

3. Enzim di tangan membantu makanan lebih mudah dicerna. Dibanding dengan besi, kayu, atau plastik. Makan dengan tangan lebih bersih, fitrah dan menyehatkan, dan yang terpenting adalah SUNNAH karena nabi makan pakai tangan.

4. Makan dan minum berdiri dapat mengganggu perncernaan. Makan dengan duduk lebih santun dan menyehatkan dan yang terpenting adalah SUNNAH karena nabi juga melakukannya.

5. Makan di kursi, masih kurang menyehatkan. Makan dengan duduk di lantai tubuh akan membagi perut menjadi 3 ruang: udara, makanan dan air, dan yang terpenting adalah SUNNAH. Nabi begini saat makan.

6. Makan buah setelah makan (cuci mulut) kurang bagus bagi lambung karena ada reaksi asam. Yang sehat adalah makan buah sebelum makan, membantu melicinkan saluran pencernaan dan membuatnya lebih siap dan yang terpenting adalah SUNNAH. Nabi melakukannya.

7. Tidur tengkurep tidak bagus untuk kesehatan bahkan disebut tidurnya setan. Yang baik tidur menghadap kanan. Manfaatnya menyehatkan dan yngg terpenting adalah SUNNAH karena bagian dari cara nabi ketika tidur.

8. Banyak rahasia sunnah yang telah diteliti para pakar. Dari segi hikmah, manfaat, dan kesehatan. Benarlah yang dikatakan: di balik sunnah ada kejayaan. Bagi kita, jika belum tahu manfaatnya, terus saja semangat mengikuti adab dan tuntunan Rasul. Manfaat itu efek samping, motivasi utamanya adalah mengikuti adab dan tuntunan Rasul.

9. Seorang dokter Eropa berkata, jika semua manusia mengamalkan 3 sunnah saja (sunnah makan, sunnah di Kamar Mandi, dan sunnah tidur) maka harusnya saya berhenti jadi dokter karena tidak ada pasien.

Demikian, cintailah sunnah Nabi tidak hanya adab-adab sehari. Tapi seluruh apa yang telah Rasullah tetapkan. Mau suka atau tidak. Yang pasti manfaatnya banyak. Karena kata Al Quran tadi bahwa akhlak nabi adalah ahlak Al Qur'an. Semoga kita bisa mempraktekknya. [dutaislam.com/ed/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini