Minggu, 10 Desember 2017

Berapa Jumlah Anggota HTI di Indonesia? Ternyata Hanya Segini

Salah satu hasil rekrutan HTI
DutaIslam.Com - Pertumbuhan dan perkembangan Hizbut Tahrir sangat lambat. Di Yordania, Hizbut Tahrir memulai dakwahnya sejak didirikan oleh Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani 1953. Di kota Amman ibukota Yordania pada tahun 2008 terdapat 72 mahaliyah. Semacam kepengurusan tingkat kecamatan yang jika di NU setara dengan Majelis Wakil Cabang (MWC).

Data di atas pernah diungkapkan oleh Ust Hafidz Abdurrahman, Mas'ul 'Am HTI 2004-2010 pada Rakernas HTI Di Cibubur 2008. Dutaislam.com mendapatkan bocoran informasi bahwa dalam satu Mahaliyah anggotanya berjumlah antara 20-40 orang. (Milaf 2001).

"Jika kita ambil titik tengah, 30 orang anggota, berarti jumlah anggota HT di kota Amman tahun 2008 sebanyak 2160 (72 x 30)," demikian hitungan Ayik Heriyansyah, mantan Ketua HTI Bangka Belitung, pada Ahad (10/12/2017)

Di Kota Amman, sejak tahun 1953 hingga 2008 (55 tahun) rata-rata Hizbut Tahrir berhasil merekrut anggota 39-40 orang. Kok sedikit banget yah?

"Di Indonesia, data terakhir yang saya dapat 2010 waktu masih jadi pengurus, jumlah anggota HT yang pria ada 4800 dan yang perempuan 4500 orang," terang Ayik.

Dan yang perlu diketahui, lanjut Ayik, HTI tidak pakai KTA seperti ormas-ormas lain. "Jadi anggota HT setelah memenuhi syarat dan dipandang layak oleh Mas'ul Mahaliyah (Ketua MWC) seseorang cukup mengucapkan qassam (sumpah) di depan Mas'ul Mahaliyah," imbuhnya.

Sebaliknya, semua mas'ul mahaliyah wajib mengisi formulir laporan ke DPP setiap bulan. Termasuk jika terjadi penambahan atau pengurangan anggota. Hal itulah yang nantinya akan jadi bahan rapat bulanan DPP.

"Pengurus tingkat propinsi seperti saya dikirimin email file notulensi rapat DPP, rekomendasi DPP dan up grade data anggota secara nasional. Dan dari data - data pertumbuhan anggota yang filenya diforward ke saya, rata-rata pertambahan anggota HTI 2%-3% per bulan," jelasnya kepada Dutaislam.com via saluran WhatsApp.

Tebak, kira-kira berapa jumlah para kurcaci HTI semacam Felix di Indonesia. Mereka membutuhkan 900 tahun untuk mendapatkan jutaan anggota yang mau berbai'at. Satu nama saja suka talak ba'in ke baladil amin (negara damai dan aman) semacam Indonesia, apalagi jutaan? Duh. [dutaislam.com/ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini