Sugi Nur Mengaku Tidak Bisa Baca Kitab Kuning dan Nyumpah-nyumpah Pula
Cari Berita

Advertisement

Sugi Nur Mengaku Tidak Bisa Baca Kitab Kuning dan Nyumpah-nyumpah Pula

Duta Islam #02
Sabtu, 11 November 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Sugi Nur Raharja dalam salah satu ceramahnya baru-baru ini yang diketahui di Masjid At Taubah Sugih Waras, Sonorejpo, Gondangrejo, Karanganyar (09/11/2017), mengaku dirinya tidak bisa baca kitab kuning. Hal ini dia nyatakannya setelah menjelaskan apa itu kitab kuning.

"Kitab kuning ini sebenarnya kitab yang berisikan segala hukum. Di situ ada fiqih, ada tajwid, ada tauhid juga, ada syareat, ada tarekat. Pokoknya bab fiqih, bab hukum. Namanya kitab kuning. Terus ada tasawuf juga, lengkap di situ," katanya dalam video hasil rekaman ceramahnya yang diterima Dutaislam.com.

Kemudian, dirinya menjelaskan mengapa disebut kitab kuning? Menurutnya karena kertasnya kuning. Dia juga mengatakan, kitab kuning itu sekarang sudah banyak dicetak dengan kertas putih, jadinya kitab putih. Bahkan ada yang diformat pdf, jadi kitab pdf. Selain itu, juga disebut kitab gundul karena tidak ada harokatnya.

Untuk mempelajari kitab kuning, lanjutnya, harus mondok. "Mondok dua tahun, tiga tahun, empat tahun, baru bisa kitab kuning," jelasnya.

Dirinya mengakui, bahwa ia tidak pernah mondok dan tidak bisa kitab kuning. Tapi menurutnya yang penting bisa ngaji. "Lha aku nggak pernah mondok, aku ndak bisa kitab kuning aku.. tapi sing penting iso ngaji," katanya.

Dirinya malah mempertanyakan kepada hadirin dengan logika membandingkan dengan al-Qur'an, yang sebetulnya tidak pas untuk dibanding-bandingkan. Sebagaimana diketahi, kitab kuning justru menjelaskan apa yang ada di al-Qur'an dan hadis.

"Penting ndi al-Qur'an ambek kitab kuning?" (penting mana al-Qur'an dengan kitab kuning?), tanyanya.

Lebih lengkapnya tonton videonya berikut:


Sambil berdiri dan dengan nada keras dan nyumpah, Sugi Nur mengatakan, "Demi Allah, Kalau hukumnya wajib harus bisa kitab kuning untuk menjadi ustad, malam ini saya pensiun jadi muballigh."[dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB