Lakpesdam Inisiasi Pembentukan FKUB Kembang
Cari Berita

Advertisement

Lakpesdam Inisiasi Pembentukan FKUB Kembang

Duta Islam #02
Jumat, 03 November 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Berawal dari Focus Group Discussion (FGD) bertema “Meneguhkan Agama sebagai Spirit Persatuan dan Kemajuan Bangsa” yang diselenggarakan PC Lakpesdam NU kabupaten Jepara pada 22 Agustus  2017 lalu bertempat di aula MWC NU Kembang menjadi titik awal munculnya  gagasan penting perlunya sebuah wadah komunikasi bagi semua tokoh agama di Kecamatan Kembang.

Dalam FGD tersebut menghadirkan narasumber KH Ubaidillah Noor Umar (Rais Syuriah PCNU Jepara), Abdul Wahab (Kaprodi Komunikasi dan Penyiaran Fakultas Dakwah Unisnu Jepara) dan M. Syafi’i (Camat Kecamatan Kembang).

FGD diikuti semua unsur tokoh agama di Kecamatan Kembang yang meliputi perwakilan NU, Muhammadiyah, MUI, Kristen, Budha dan Musyawarah Pimpinam Kecamatan (Muspicam) Kecamatan Kembang.

Dari FGD tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi, salah satu rekomendasi utama dari FGD  tersebut adalah perlunya membentuk sebuah wadah atau forum sebagai sarana komunikasi antar tokoh agama di Kecamatan Kembang.

Untuk merealisasikan hasil rekomendasi FGD tersebut maka dilakukan komunikasi dan koodinasi yang intensif antara Lakpesdam NU Jepara, Camat Kecamatan Kembang dan semua unsur tokoh agama di Kecamatan Kembang.

Pembentukan FKUB
Menjadi moment bersejarah, Rabu (01/11/2017) bertempat di Pendopo Kecamatan Kembang dibentuk sebuah wadah komunikasi antar tokoh agama yaitu Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Kembang yang dihadiri oleh semua perwakilan tokoh agama di Kecamatan Kembang yang meliputi perwakilan NU, Muhammadiyah, MUI, Kristen, Budha, Muspicam Kecamatan Kembang dan Lakpesdam NU Jepara.

Tujuan utama dari dibentuknya forum ini, menurut Ahmad Sahil, Ketua PC Lakpesdam NU Jepara adalah sebagai media komunikasi dan Koordinasi semua tokoh agama di kecamatan Kembang.

“Serta menjadi sarana untuk deteksi dini persoalan-persoalan agama dan sosial di masyarakat,” terang Gus Sahil.

Pembentukan FKUB Kecamatan Kembang dipimpin oleh Camat Kembang M. Syafi’i. Turut hadir Ketua MUI Kecamatan Kembang KH Mustain Kapolsek Kembang Budi dan Danramil Bangsri Sugiri yang juga membawahi Kecamatan Kembang.

Dalam Forum tersebut disepakati sebagai Ketua Kiai Ridwan (NU), Wakil Ketua 1 Theofolus Tumijan (Kristen), Wakil Ketua 2 Sutamto (Budha), Sekretaris 1 Sucipto (Muhammadiyah), Sekretaris 2 Dwi Anindya Adiputra (Kristen), Bendahara 1 H. Ahmadi (Muhammadiyah), Bendahara 2 Suyanto (Budha).

Rencananya pengukuhan pengurus FKUB Kecamatan Kembang oleh Camat Kembang Senin 6 November 2017 mendatang bertempat di Pendopo Kecamatan Kembang. [dutaislam.com/kunjariyanto/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB