Selasa, 07 November 2017

[Hoax] Foto Gus Dur Sebut Nahdliyyin akan Jadikan Habib Rizieq Pemimpin

Klarifikasi meme grafis hoax soal Gus Dur dan Habib Rizieq
DutaIslam.Com - Beredar viral lagi di media sosial meme hoax yang memajang foto almarhum Gus Dur dengan disertai kalimat: "Pesan Gusdur Sebelum Wafat: Saat ini dia (Hb. Rizieq) bersebrangan dengan saya, tapi suatu saat nanti Nahdliyin akan berbondong-bondong menjadikan dia pemimpinnya".

Gambar grafis tersebut selalu diulang-ulang disebar jika FPI dan kalangan garis keras Islam lainnya sedang dirungdung masalah. Begitu para penggila FPI down semangat, mereka akan sebar gambar hoax tersebut sewaktu-waktu. Istilahnya, menjadikan Gus Dur sebagai pendukung FPI. Wkwkw.

Pada Februari 2017 lalu, Wahid Foundation, lembaga riset pimpinan putri Gus Dur, Yenny Wahid, sudah mengklarifikasi bahwa meme gambar terkait ucapan Gus Dur terhadap sosok Rizieq Shihab adalah bohong dan hoax.

Melalui akun twitter resminya, @WahidFoundation menyatakan bahwa pernyataan itu sama sekali bukanlah pesan yang disampaikan oleh Gus Dur sebelum wafat. “Tuips. Gus Dur tidak pernah menyampaikan pesan ini. Hoax…!” cuit Wahid Foundation Senin, (27/02/2017).

Netizen juga ikut berkomentar perihal pesan hoax ini. “Hoaxnya ngarep banget ya” cuit akun @rizaega85. Netizen lain @Steven_cip menyesalkan beredarnya pesan bohong ini, “gila bener masih aja ada manusia yang memanfaatkan almarhum”.

Wahid Foundation sendiri adalah yayasan yang dididirikan untuk memajukan visi kemanusiaan dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam memajukan pengembangan toleransi, keberagaman dalam masyarakat Indonesia.

Selain itu, yayasan yang bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin, membangun demokrasi dan keadilan fundamental, dan memperluas nilai-nilai perdamaian dan non-kekerasan di Indonesia dan di seluruh dunia. [dutaislam.com/ab]

Source: diambil dari pelbagai sumber klarifikasi hoax, antara lain:
https://twitter.com/AlissaWahid/status/836218340179791873 dan,
https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/428741690791705/

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini