Transparency International Mendaulat Soeharto Sebagai Salah Satu Pemimpin Terkorup Dunia
Cari Berita

Advertisement

Transparency International Mendaulat Soeharto Sebagai Salah Satu Pemimpin Terkorup Dunia

Duta Islam #02
Jumat, 06 Oktober 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: Istimewa 
DutaIslam.Com - Hingga kini masih saja ada orang yang menyebar poster bergambar Soeharto dengan tulisan “Piye, Le; enak zamanku tho?!” Apa betul zaman Soeharto enak? Ini faktanya:

Transparency International sebagaimana dikutip tempo.co (16/03/2017) mendaulat Soeharto sebagai salah satu pemimpin terkorup dunia. Ia diperkirakan menguasai harta senilai US $35 milyar, atau Rp 468 triliun. Padahal PDB Indonesia ketika itu kurang dari US $700 atau sekitar Rp 9 juta per kapita.

Selama masa Orde Baru, ada proses sentralisasi, bahkan kemudian personalisasi, dengan sosok presiden kedua RI itu sebagai nukleus sentral seluruh negeri.

Mulai Pemilu 1971 hingga pertengahan tahun 70-an, jumlah partai dari puluhan diringkas menjadi dua partai dan satu golongan.

Mahasiswa yang menuntut pemberantasan korupsi pada Peristiwa Malari 1974 dihadapi dengan tangan besi. Pada 1978-1979, tantangan frontal dari mahasiswa dijawab dengan NKK/BKK-larangan berpolitik bagi para mahasiswa di kampus.

Kebebasan pers juga dikungkung dengan mewajibkan media memiliki Surat Izin Usaha Penerbitan Pers. Media yang dianggap terlalu tajam mengkritik rezim Orde Baru dibredel.

KontraS menyatakan ada 10 pelanggaran HAM berat yang diduga dilakukan Soeharto. Jumlah korban meninggal, hilang, luka-luka, ditahan secara sewenang-wenang, disiksa dan mengalami kekerasan seksual lebih dari 1,6 juta orang.Pada 1980-an, sentralisasi kekuasaan melebar ke putra-putrinya.

Lewat keenam anak Soeharto, imperium bisnis Keluarga Cendana menjalar di 18 sektor, mulai dari pertambangan hingga media. Jumlah perusahaan keluarga Cendana diperkirakan lebih dari 1000, setidaknya tersebar pada 20 konglomerat. [dutaislam.com/gg]

Source: https://video.tempo.co/read/6194/lebih-enak-hidup-di-zaman-soeharto-ini-faktanya#k6sY4TKAfl3ed2Ho.99

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB