Minggu, 01 Oktober 2017

Mengenang Kesyahidan Sayyidusy Syuhada' Husain bin Ali (Cucu Rasulullah)

Foto: Istimewa 
Oleh Dafid Fuadi

DutaIslam.Com - Mengenang kesyahidan Sayyidusy Syuhada' Husain bin Ali (Cucu Rasulullah) pada 10 Muharram 61 H/ 10 Oktober 680 M dan keluarga Rasulullah yg lain, yg telah dibantai secara keji oleh tentara Yazid bin Mu'awiyah di Karbala Iraq.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

حُسَيْنٌ مِنِّي وَ أَنَا مِنْ حُسَيْنٍ، أَحَبَّ اللهُ مَنْ أَحَبَّ حُسَيْنًا، حُسَيْنٌ سِبْطٌ مِنَ الأسْبَاطِ

“Husain termasuk bagian dariku dan aku termasuk bagian darinya, Allah akan mencintai siapa saja yang mencintai Husain. Dan Husain adalah satu cucu di antara cucu-cucu Nabi”

(Hadits diriwayatkan oleh Tirmizi, 3775. Ibnu Majah, 144. Ahmad, 17111 )

 Al Qâdhi 'Iyadh menerangkan, “Husain dariku dan aku dari Husain", seakan Rasulullah memandang dengan cahaya wahyu apa yang akan tejadi antara Husain dan kaum, umat, oleh karena itu, ia disebut secara khusus dan beliau menerangkan bahwa beliau dan Husain adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam kewajiban untuk dicintai dan diharamkannya mengganggu dan memerangi.

Sabda itu dikuatkan dengan, “semoga Allah mencintai orang yang mencinta Husain” sebab kecintaan kepada Husain adalah kecintaan kepada Rasulullah saw. dan kecintaan kepada Rasulullah saw. adalah kecintaan kepada Allah. (Tuhfatul Ahwadzi,10/279.)

لروح سيد الشهداء الإمام الحسين بن علي رضي الله عنهما, الفاتحة

[dutaislam.com/gg]

Dafid Fuadi, Direktur Aswaja NU Center Kabupaten Kediri Jatim

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini