Lingsir Wengi, Cara Santri Nguri-nguri Budaya Nusantara
Cari Berita

Advertisement

Lingsir Wengi, Cara Santri Nguri-nguri Budaya Nusantara

Duta Islam #02
Sabtu, 28 Oktober 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Ada banyak cara dilakukan para santri dalam rangka memperingati hari santri. Yang sedikit berbeda, salah satunya adalah even lingsir wengi yang diadakan di Pesantren Al Amin, Sukosari, Kabupaten Malang, Jum'at malam (27/10/2017). Para santri, ustadz, dan kiai tumpek blek di even yang diselenggarakan BEM IAI Al Qolam dan komunitas Sabda Perubahan ini.

Acara ini unik karena acara tersebut semacam acara pagelaran budaya yang dihelat di pesantren. Karena temanya tentang hari santri, maka tema yang dipilih adalah Nracak Jejak Wali atau menapaki jejak wali songo.

Even Lingsir wengi ini baru pertama kali diadakan, rencananya even ini akan digelar tiap bulan. Tujuannya untuk nguri-nguri budaya Nusantara ditengah arus modernisasi yang kian menjadi-jadi. Karenanya, di acara ini aneka macam seni ditampilkan. Mulai dari orasi budaya, musikalisasi puisi, tari tradisional, teater, dan lain-lain.

Athok Lukman, dosen IAI Alqolam yang juga penggagas acara ini mengatakan, nama lingsir wengi diambil dari kidung Sunan Kalijaga. Dalam kudungnya, Sunan Kalijaga selalu memadukan nilai-nilai kehidupan dan nilai sufistik keislaman."Kita ingin mempertahankan budaya Nusantara, karena budaya Nusantara adalah mutiara yang membuat kita sulit melupakan, terlalu tinggi nilai kandungannya untuk tidak di rawat dan di pelihara," kata Gus Athok, sapaan akrabnya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya KH. Abdullah Syam (Pendiri Pesantren Rakyat), M. Yasin Arif (Pendiri Sabda Perubahan) dan Ahmad Dhofir Zuhri (Rektor STF Al-Farabi). Selain itu ada beberapa perwakilan komunitas dan organisasi yang hadir yakni  JNM (Jaringan Nahdliyin Muda), Lakpesdam NU Kabupaten Malang, PMII Cabang kab.Malang, GMNI, UKM Teater, Platinum, Mapala, As-surur dan lain-lain.

Sementara itu, Athiya, salah satu tim lingsir wengi mengatakan bahwa adanya acara seperti ini diharapkan mampu membendung budaya luar yang kurang bagus."Acara ini murni di selenggarakan untuk menghidupkan kembali budaya luhur warisan para wali di tengah arus westernisasi” kata Athiyah.

Sedangkan KH Abdullah Sam dalam orasi budayanya lebih banyak menyinggung pentingnya menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)."Selama anak anak muda menjaga kebudayaan maka NKRI tidak akan terjajah oleh asing," katanya penuh semangat.

Sementara itu, salah satu puisi yang membetot perhatian adalah puisi karya Yasin Arif. Puisi yang dibacakan penuh dengan penghayatan ini berjudul Zaman Terkutuk. Seperti ini salah satu bait dari puisi tersebut:

Aku terseret-seret zaman millennial
Telpon pintarku tiada henti merantai tangan
Hangat kebersamaan mendadak sunyi
Ramai-ramai kita menunduk pada layar
Gelombang kata-kata tanpa makna
membludak dari mulut cuma-cuma
Pendapat berhamburan tanpa nalar
Budaya tak menghidupkan jiwa
Anak muda mengkritik tanpa membaca
Guru berteori tanpa menginjak bumi
Tren menjadi konsumsi sehari-hari
Arus menggerus akar tradisi
Hidup tak berguna tak apa asal kaya
Kekayaan maha segala-galanya
Kekayaan menjadi puncak cita-cita
Kekayaan harkat dan martabat manusia.
[dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB