[Hindari] 5 Orang Ini Tidak Layak Dijadikan Teman
Cari Berita

Advertisement

[Hindari] 5 Orang Ini Tidak Layak Dijadikan Teman

Duta Islam #03
Senin, 23 Oktober 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: Istimewa
DutaIslam.Com - Memiliki teman atau sahabat sejati menjadi harapan setiap orang. Teman sangat dibutuhkan kaena tanpa teman perjalanan hidup tida sempurna. Terutama dalam menyampaikan kebenaran akan terasa sangat sulit.

Rasulullah sendiri memiliki sahabat yang selalu membantunya dalam menyebarkan agama hingga berkembang seperti sekarang ini.

Meskipun demikian, seorang muslim haruslah selektif dalam memilih teman. Selektif tidak berarti melihat teman dari harta ataupun jabatan. Melainkan berkaitan dengan tingkah laku supaya keberadaan teman semakin membawa kebaikan. Bukan sebaliknya, menjerusmuskan kita dalam keburukan.

Sayyidina Husein bin Ali berwasiat kepada anaknya bahwa ada 5 jenis manusia yang tidak boleh dijadikan sebagai seorang teman. Berikut 5 jenis manusia yang tidak layak dijadikan teman sesuai wasiat tersebut:

1. Jangan Berteman dengan Pembohong
Memiliki teman pembohong sama halnya berteman dengan fatamorgana. Dia akan menjauhkan teman-temanmu yang dekat. Dia akan melakukan beragam alasan supaya menutupi kebohongannya.  

2. Jangan Berteman Dengan Orang Fasiq
Teman yang memiliki sifat fasiq akan berani menjual nama kita dengan harga murah. Bahkan bisa mengorbankan orang lain demi keuntungannya sendiri.

3. Jangan Berteman dengan Orang Dungu
Berteman dengan orang dungu hanya akan merugikan diri sendiri. Niatnya memang ingin bisa bermanfaat, namun justru akhirnya malah jadi menyusahkan.

4. Jangan Berteman dengan Si Bakhil
Orang yang bakhil atau kikir tidak pantas dijadikan teman. Dia akan berani menjerumuskan kita dengan hartanya disaat kita membutuhkan. Dia tak pantas menjadi teman karena enggan mengulurkan tangan demi membantu kita sebagai temannya.

5. Jangan Berteman dengan Pemutus Silaturahmi
Ketahuilah bahwa berteman dengan orang yang memutus silaturahmi hanya akan menambah kesengsaraan. Dalam Al-Quran telah dijelaskan bahwa pemutus silaturahmi adalah orang-orang dilaknat.

“Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah..” (QS Muhammad 22-23)

“Dan orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah diikrarkannya dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah agar disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itu memperoleh kutukan dan tempat kediaman yang buruk (jahannam).” (QS Ar Raad 25)

“(Yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah (perjanjian) itu diteguhkan, dan memutuskan apa yang diperintah Allah untuk disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS Al Baqarah 27)

Sangat jelas bahwa berteman dengan orang-orang seperti itu hanya akan membuat kita sengsara baik di dunia maupun di akhirat. Ingatlah bahwa kepribadian kita terlihat dengan siapa kita berteman. Jadi hati-hatilah dan ingatkan pula keluarga ataupun sahabat kita jika terlupa dalam mencari teman yang benar.

Adakah diantara temanmu dengan sifat di atas? [dutaislam.com/ed/pin]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB