13 Waktu Ini Mustajabah untuk Berdoa
Cari Berita

Advertisement

13 Waktu Ini Mustajabah untuk Berdoa

Selasa, 17 Oktober 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: Istimewa
DutaIslam.Com - Manusia diciptakan dengan tubuh sempurna, dengan akal pula sehingga berbeda dengan makhluk lain. Seringkali kita telah berfikir dan membuat rancangan begitu hebat, namun ternyata tak sesuai harapan. Apa yang kita usahakan pun akhirnya sia-sia tanpa hasil.

Harus kita sadari bahwa ada sebuah kekuatan yang mustahil. Dialah doa. Mestinya secara hukum akal tidak bisa terjadi, tapi dengan kekuatan doa jadilah ia. Laut yang begitu luas menjadi jalan yang bisa dilewati, api yang begitu panas hingga jarak beberapa kilo bisa dingin dan dinikmati. Itulah salah satu kekuatan di luar nalar yang diberikan Allah kepada nabi.

Demikian kekuatan doa. Seorang hamba tidak diperbolehkan meninggalkan doa karena ia adalah bahasa lain dari harapan dan keinginan. Nabi besar Muhammad SAW membeberkan waktu-waktu yang kita tidak boleh meninggalkan doa. Karena pada waktu tersebut adalah waktu mustajabah. Waktu-waktu itu ialah:

1. Hari Arafah, خير الدعاء  يوم عرفة. "Sebaik-baik doa adalah yang diapanjatkan pada hari Arafah". tepat seperti hari ini.

2. Doa pada malam Lailatul Qodar

3. Sepertiga malam. Yang disebutkan didalam Hadist bahwa rahmat Allah turun di sepertiga malam. من يدعوني. "Siapa yang berdoa pada-Ku, maka Aku akan kabulkan baik". من يسألوني فأعطيه. "Barang siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan". من يستغفروني فأغفر له. Barang siapa yang memohon ampun padaku, maka aku akan ampuni.

4. Setiap sesudah sholat قيل يا رسول الله ايّ الدعاء اسمع ؟ قال جوف الليل  ودبر الصلاة المكتوبة
"Doa yang paling didengar pada saat apa wahai Rasul? Yaitu pada sepertiga malam terakhir dan setiap bakda sholat.

5. Diantara Adzan dan Iqamah فقد صح عن النبي صلى الله عليه وأله وسلم أنه لا يرد الدعاء بين الأذن والإقامة
"Tidak akan ditolak doa antara adzan dan iqamah".

6. Ketika bertemunya barisan perang.

7. Ketika turunnya air hujan . الدعاءعند النداء وتحت المطر

8. Doa pada hari jumat.

9. Ketika minum air zam-zam, karena ماء زمزم لم شرب له. "meminum air zam-zam itu untuk apa yang dia niatkan".

10. Memperbanyak doa pada saat sujud, karena  أقرب ما يكون العبد الى ربه وهوساجد. "Lebih dekatnya seorang hamba kepada Tuhan-Nya adalah ketika dia dalam keadaan sujud". Oleh karena itu perbanyaklah didalam sujud harapan-harapan, cita-cita, asa dan impian-impian.

11. Ketika mendengarkan suara kokok ayam. "Ketika engkau mendengarkan kokok ayam, maka mintalah kepada Allah anugerah-Nya. Karena sesungguhnya ayam itu melihat malaikat".

12. Doanya orang tua kepada anaknya (دعاء الوالد لولده). Jangan sampai engkau lupa untuk senantiasa didoakan orang tua. Karena doa orang tua itu doa yang mustajabah. Banyak orang yang aslinya dia tergolong orang yang dholim, akan tetapi berkah dari pada doa kedua orang tua jadilah apa yang terjadi, menjadi orang yang diberikan hidayah oleh Allah. Begitu juga sebaliknya.

13. Doanya anak shalih kepada orang tua.
Mungkin anda dulu sibuk bekerja hingga tidak sempat belajar dan pada saat ini anaknya dipondokkan, jangan lupa untuk selalu dipeseni agar senantiasa tidak lupa mendoakan orang tuanya setiap bakda shalat.

Dan juga masih banyak waktu-waktu yang mustajabah yang lainnya, akan tetapi 13 waktu ini sangat mujarrab untuk terkabulnya doa. Semoga doa yang kita panjatkan di terima oleh Allah.

Sambil berdo'a dengan sungguh-sungguh harus pula disertai dengan perbuatan yang pantas. Sebagaimana pesan  Imam ibnu 'Athoillah As-Sakandary didalam Kitab Hikamnya Al-'Athoiyyah; Bagaimana engkau menginginkan sesuatu yang luar biasa, padahal engkau sendiri tak merubah dirimu dari kebiasaanmu.

Kita banyak meminta dan berharap pada Allah, tetapi sibuknya meminta kadang membuat kita tak sempat menilai kelakuan diri sendiri, pantas ataukah tidak untuk menerimanya. Padahal kalau kita meminta sembari berusaha untuk mengubah diri kita, Allah akan memberikan apa yang kita minta. Karena doa itu hakikatnya adalah penggiring agar kita bisa mengubah diri, mengubah menjadi hamba-hamba  yang taat [dutaislam.com/Ahmad Zain Bad/pin]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB