Minggu, 24 September 2017

Minun Kopi yang Tepat

Foto: Istimewa 
DutaIslam.Com - Kopi merupakan salah satu minuman favorit sebagian besar orang. Di Indonesia sendiri, kopi sudah mulai menjadi bagian dari gaya hidup, apalagi bagi para santri.

Bagi para penyuka kopi, kabar gembira ini tentu akan sangat menguntungkan. Namun perlu digarisbawahi, mengkonsumsi kopi hendaknya secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Para ahli menyarankan, kopi sebaiknya dikonsumsi tanpa gula dua kali sehari. Satu cangkir di pagi hari setelah sarapan dan saat siang setelah makan.

Kopi hitam tanpa gula akan sangat memberikan manfaat bagi tubuh, juga baik diminum untuk penderita diabetes. Hal ini lantaran setiap cangkir kopi hitam mengandung sekitar 60 persen nutrisi, 20 persen vitamin, 10 persen kalori dan 10 persen mineral.

Berikut ini manfaat meminum kopi tanpa gula bagi kesehatan tubuh:

1. Kopi hitam dapat meningkatkan daya ingat.

2. Kopi hitam membantu otak tetap aktif, secara bersamaan juga membantu mengaktifkan saraf dan mencegah dimensia dini.

3. Kopi bisa meningkatkan kecerdasan. Kafein merupakan simultan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan mood, energi dan fungsi kognitif seseorang. Ini akan membuat pria maupun wanita menjadi semakin cerdas.

4. Kopi akan membantu membersihkan "isi perut". Meminum kopi seringkali membuat Anda kerap buang air kecil.

5. Mengkonsumsi kopi hitam akan membuat racun dan bakteri dalam tubuh yang ada di perut keluar bersama urine.

6. Membantu menurunkan berat badan. Salah satu manfaat dari kopi hitam adalah membantu menurunkan berat badan dengan cepat karena dapat membakar lemak.

7. Minuman ini juga dinilai dapat meningkatkan metabolisme tubuh, 50 persen lebih baik daripada melakukan senam.

8. Mengatasi penyakit jantung. Minum kopi hitam tanpa gula juga bermanfaat bagi jantung. Kopi mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

9. Kopi sebagai antioksidan. Satu cangkir kopi mengandung vitamin B2, B3 dan B5 serta mangan, magnesium dan kalium.

10. Mengurangi risiko diabetes. Kopi hitam ternyata mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

11. Mencegah kanker. Katakan selamat tinggal pada kanker dengan meminum kopi hitam tanpa gula. Minuman ini mengandung sifat antikanker yang juga membantu menurunkan risiko kanker hati.

12. Kopi merupakan ramuan panjang umur yang baik.

13. Kopi yang diminum tanpa gula akan membantu menjaga pikiran dan tubuh.

14. Minum kopi hitam dua kali sehari dapat mencegah penyakit Parkinson, karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

15. Ini dia manfaat terakhir minum kopi. Kopi dapat meningkatkan mood sehingga menjadi "obat" terbaik untuk melawan depresi.

Kebiasaan santri di Pondok Pesantren Salaf, ngopi merupakan amalan sehari-hari santri. Diminum sambil musyawarah/ diskusi, agar kuat ngaji, muthalaah, hingga buat melek malam untuk qiyamullail. Kebiasaan inilah yang menurut Habib Umar Muthahhar Semarang, kopi menjadi kesukaan orang-orang shalih. Bukan untuk kepleaan! (judi). [dutaislam.com/gg]

Diambil dari berbagai sumber.

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini