Senin, 25 September 2017

Kokohkan Karakter Generasi Bangsa Melalui PERWIMANAS ke-II LP Ma’arif NU


Oleh Vinanda Febriani

DutaIslam.Com - Lembaga Pendidikan Ma’arif Pusat telah usai mengadakan event Perkemahan Wirakarya Ma’arif Nahdlatul Ulama Nasional yang diikuti oleh kurang lebih 6000 peserta dari seluruh Indonesia dengan bertempat di sepanjang Lapangan Tembak Akmil Kabupaten Magelang pada Senin (18/09/2017) hingga Sabtu (23/09/2017). Peserta terlihat amat antusias mengikutinya hingga perkemahan usai. Terdengar semangat peserta dari berbagai kontingen begitu membara dan tertuang dalam lagu yel-yel yang ancapkali dinyanyikan ketika berada ditengah kegiatan maupun diluar kegiatan.

Pada Senin (18/09/2017) Presiden Republik Indonesia, yakni Joko Widodo beserta staf kementrian Ketua umum dan sekjend PBNU resmi membuka event PERWIMANAS II ini dengan penuh harapan kepada para peserta perkemahan LP Ma’arif ini supaya generasi bangsa Indonesia tidak kalah unggul dibandingkan dengan generasi negara lainnya, meningkatkan kembali semangat jiwa Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Nasionalisme, Toleransi dan Ukhwah ala Ahlussunnah Waljamaah An-nahdliyyah. Dalam pembukaan ini Joko Widodo juga menyampaikan bahwasanya di sosial media saat ini tengah beredar berita-berita yang "tidak baik" dan merusak moral bangsa. Oleh karena itu, salah satu cara mengcounternya yakni dengan merekatkan kembali ukhwah antar elemen bangsa supaya tidak mudah terpecah belah oleh berita bohong, hate speech dan fitnah.

Upacara pembukaan PERWIMANAS II dan apel LP Ma’arif Setia NKRI ini dihadiri oleh 17 ribu peserta didik LP Ma’arif dari berbagai daerah yang kemudian menyatu dengan barisan rapih mengelilingi sepanjang Lapangan Tembak Akmil Kabupaten Magelang. Dalam kesempatan ini, Joko Widodo juga menerjunkan tiga buah sepeda "Hadiah dari Jokowi" kepada peserta Perwimanas II yang berhasil menjawab pertanyaannya dengan benar. Terlihat antusiasme para peserta untuk berlomba maju kedepan demi mendapat sepeda dari Jokowi.

Di event PERWIMANAS II ini, ada berbagai materi nikmat yang di sajikan kepada peserta yakni giat bhakti, giat wawasan,giat wisata dan out boand. Adapun giat wawasan diisi langsung oleh Kemenag RI, Kapolda Jateng, BNN, PBNU, KSAT dan masih banyak lagi.

Pramuka Perwimanas Membangun Bangsa
Mulai pada Selasa (19/09/2027), peserta PERWIMANAS II sudah disibukkan dengan agenda-agenda yang akan dilaksanakan selama beberapa hari kedepan. Pada malam hari, peserta perwakilan smengikuti perlombaan pentas seni khas daerahnya masing-masing. Kegiatan ini diharapkan supaya generasi bangsa indonesia, khususnya para peserta Perwimanas agar lebih giat mencintai,.melestarikan dan mengembangkan budaya lokal asli Indonesia.

Para peserta Pramuka LP Ma’arif ini juga dibekali dengan pengetahuan sejarah candi Borobudur, Bela Negara oleh TNI, Pramuka Anti Narkoba, Bela NKRI dan lain sebagainya supaya dapat membuka lebih lebar jendela wawasan mereka terhadap Indonesia dan Ilmu pengetahuan yang ada.

Para Pramuka ini juga terlibat dalam giat bhakti sosial yang terdiri dari reboisasi, pavingisasi, bersih-bersih area PCNU Kabupaten Magelang dan lain sebagainya. Antusiasme peserta yang terus mengalir ini tidak dapat terbendungkan lagi. Dengan penuh semangat mereka terus mengikuti kegiatan yang ada sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan. "Lelah yang menyenangkan" begitulah sekiranya. Walaupun para Pramuka ini terlihat kelelahan, namun semangat jiwanya terus mengalir demi mengikuti Perwimanas II ini hingga usai.

Tepat pada hari Jum’at (22/09/2017) ini merupakan hari terakhir kegiatan mereka. Pada hari ini para Pramuka mengikuti perlombaan memasak kuliner khas daerahnya masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan merayakan karnaval kirab budaya Bhinneka Tunggal Ika di sepanjang jalan raya. Tak hanya itu, ketika usai kirab budaya, ba’da Isya’ para Pramuka mengikuti kegiatan malam terakhir mereka di panggung perkemahan puteri. Kegiatan ini bermakna perpisahan serta penutupan Perwimanas II tahun 2017 di Lapangan Tembak Akmil Kabupaten Magelang. Diakhiri dengan penyulutan kembang api dan api unggun, terdengar gemuruh suara lantunan mars Yalal wathon yang dinyanyikan oleh para peserta PERWIMANAS II dengan lantang dan penuh semangat.

Selamat atas terselenggarakannya PERWIMANAS II di Kabupaten Magelang. Sampai jumpa di PERWIMANAS III yang akan bertempat di Lampung. Sukses Pramuka-ku, Jayalah Ma’arifku, Tegaklah Indonesia-ku. [dutaislam.com/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini