Kamis, 07 September 2017

FKUB Jateng Minta Aksi Bela Rohingnya di Burobudur Digagalkan


DutaIslam.Com - Rencana aksi bela Rohingnya di kawasan Candi Burobudur ditolak sejumlah pihak. Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB)  Jawa Tengah ikut mengecam aksi tersebut. FKUB meminta aksi yang rencananya akan dilaksanakan besok, Jumat (8/9/2017) digagalkan.

“Jangan sampai muncul asumsi bahwa Burobudur adalah pusat Agama Budha sehingga muncul kebencian berlebihan dan bahkan melakukan tindakan destrutif,” kata Ketua FKUB Jateng Mujahirin Thohir sebagaimana tertulis surat rekomendasi yang dikirim kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

FKUB Jateng meminta agar aksi tersebut digagalkan. ”Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi kemungkinan tersebut, maka FKUB Jateng menyarankan kepada pemerintah agar tidak mengijinkan demo di seputar candi Burobudur,” tegas Mujahirin di salinan surat yang diterima dutaislam.com, Kamis (7/9/2017).

Lebih lanjut, dalam surat tertanggal 4 September 2017 itu, Mudjahirin menjelaskan, bahwa Candi Burobudur adalah cagar budaya yang diakui internasional. Karenanya harus dijaga oleh semua warga Indonesia. Menurut Mujahirin, perasaan solidaritas bangsa indonesia terhadap tragedi di Rohingnya jangan sampai justru melahirkan sikap dan tindakan negatif.

Di sisi lain, tragedi di Rohingnya bukan peritiwa kebencian antar umat beragama. “Tragedi di Rohingnya adalah peristiwa kemanusiaan yang penyebanya sangat komplek. Diantaranya, kompetisi soal ekonomi, politik, dan lain-lain antar etnik di Myanmar,” jelasnya.

Perasaan solidaritas, menurutnya, semestinya diwujudkan dalam bentuk bantuan kemanusiaan seperti logistik, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. [dutaislam.com/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini