Yordania Kembali Kukuhkan Amaliyah Aswaja
Cari Berita

Advertisement

Yordania Kembali Kukuhkan Amaliyah Aswaja

Kamis, 17 Agustus 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Pemerintah Yordania kini kembali mengukuhkan amaliyah Aswaja yang biasa diamalkan warga Nahdliyin di sana. Dalam edaran surat yang diterima redaksi Dutaislam.com (16/8/2017), menyebutkan anjuran untuk dilaksanakannya amaliyah berikut:

1. Menggunakan nada Hijaz dalam Adzan 2. Menutup Adzan dengan sholawat 3. Membaca bismillah secara keras (jahr) pada sholat bagi imam 4. Tetap qunut shubuh sebagaimana mengikuti mazhab Syafi'i.

"Alhamdulillah Kemenag Yordania mencoba kembali mengukuhkan amaliyah yang biasa diamalkan oleh warga Nahdiyin," kata Yudha ketika memberikan informasi ini kepada redaksi Dutaislam.com serta melampirkan foto surat edaran.

Yudha menceritakan, bahwa paham Wahabi di Yordania kini telah merajalela. Mereka menguasai media dan toko kitab. "Memang Wahabi telah menguasai hampir seluruh media, dan toko toko kitab tak luput dari serbuan kitab wahabi yang murah meriah tapi tau sendiri lah isinya," katanya.

Yudha juga menyebut, amaliyah Aswaja di Yordania dulunya pernah menjadi kebiasaan masyarakat Yordania, namun keadaannya berbeda dengan sekarang.

"Dulu saya bersama kawan-kawan pernah sholat di sebuah masjid. Kami sholat dengan tata cara Nahdliyin wiridan jahr dan lainnya.  Ada bapak tua yang menghapiri kami dia berkata ini sholat dan dzikir sewaktu saya dulu masih kecil kira-kira 60 tahunan yg lalu. Tapi sekarang dah berubah," kenang Yudha.

Meski demikian, kata Yudha, di Yordania masih ada ulama-ulama besar yang berhaluan Ahlussunnah wal Jama'ah. [dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB