Dahsyatnya Amalan Mbah KH Hasyim Asyari Agar NU Selamat Hingga Kiamat
Cari Berita

Advertisement

Dahsyatnya Amalan Mbah KH Hasyim Asyari Agar NU Selamat Hingga Kiamat

Selasa, 06 Juni 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

Oleh M Abdullah Badri 

DutaIslam.Com - Nama Nahdlatul Ulama (NU) yang berarti Kebangkitan Ulama dipilih oleh para kiai waktu itu, tiada lain hanya untuk mengingatkan kalau organisasi yang baru didirikan pada 1926 adalah untuk para santri yang ngaji dan menghormati perjuangan para ulama dan auliya, yani para Walisongo.

Namanya tidak muluk-muluk dan tidak segagah organisasi Islam lain yang pada waktu itu tumbuh bak jamur. NU, dengan demikian adalah basis perjuangan para santri dan pengikutnya yang memang mengikuti ajaran para ulama. NU tidak langsung menisbatkan dirinya kepada Kanjeng Nabi atau sahabat atau bahkan langsung mengaku sebagai murid Nabi Muhammad langsung. Cukup, hanya dengan nama Nahdlatul Ulama, santri mengafirmasi dirinya sebagai pecinta ulama, pewaris para anbiya'.

Dalam anggaran dasarnya yang versi doeloe, ormas Islam bentukan para kiai tradisional yang bervisi menyebarkan Islam ahlusunnah wal jamaah itu didirikan hingga 29 tahun ke depan. Ini pernah diungkap oleh Greg Barton kepada Gus Dur, menanyakan maksud "hingga 29 tahun" itu, namun Gus Dur hanya menjawab, "yang bikin sudah meninggal semua".

Anehnya, menurut anggaran dasar paling awal, tidak ada masa aktif anggota bagi yang ikut dalam barisan jamaah NU. Walau dia sudah meninggal, ia tetap dianggap sebagai anggota NU. Ini yang membedakan dengan organisasi modern yang berdiri di awal Indonesia sedang menuju kemerdekaan tersebut.

Amalan Mbah Hasyim Asy'ari


Tiadanya masa habis anggota jelas menunjukkan bahwa organisasi NU tidak hanya mengurus yang hidup saja. Yang sudah wafat pun, diruwat dan didoakan. Bapak saya pernah membujuk adik misanan saya saat usianya masih 19 tahun untuk jadi modin. Alasannya hanya satu, jadi modin harus "diniati ngrumat umate Kanjeng Nabi sing urip lan sing mati".

Modin, bagi Bapak saya adalah amalan mulia karena dia ngurus soal-soal manusia hidup dan mati. Modin kampus biasa membantu lahiran, nikahan, sunatan, kematian, hajatan dan lainnya. Dia mengurus umat Muhammad yang masih hidup dan mati. Ada yang bilang, orang Jawa itu sibuk dan kembali ingat Tuhan kalau dia lahiran, sunatan, nikahan dan sedih lalu mati. Lain itu, kata anak buah Mbah Joyo, hidupnya seperti PKI yang tidak bertuhan.

NU, modin dan warganya, sebetulnya tiap hari selalu membimbing orang untuk selalu ingat Allah Swt. Maka, wajar jika tidak ada habis masa anggota, walau menjadi pengurus struktural tetap ada aturannya. Mengurus umat Muhammad itu sampai kapan pun dan dimanapun. Tugas kultural NU memang di situ.

Mempertahankan jamiyah NU agar tidak hilang dari muka bumi, adalah perkara wajib karenanya. Mbah Hasyim pun dawuh, siapa yang mengurus NU diakui muridnya dan didoakan husnul khatimah. Beliau tidak mendoakan berkah saja, tapi khusnul khatimah, lebih dari mati syahid versi teroris. Dan jaminan itu dilanjut dengan pesan mulia bahwa siapa saja yang mengurus NU tapi kok hidupnya susah tak berkecukupan, maka silakan tagih ke nisan almaghfurlah Mbah Kiai Ridwan Abdullah.

Para masyayikh NU peduli betul dengan para santrinya, warganya. Mbah Kiai Hasan Genggong sampai dawuh, siapa saja yang mengurus NU akan beruntung dunia akhirat. Doa para ulama itu tidak main-main. Hidup maupun mati, beliau-beliau ini mendoakan. Yang hidup didoakan beruntung, yang mati juga sama.

Mereka bukan hanya berdoa, tapi juga tirakat, topo broto cegah nafsu. Mbah Kiai Arwani Kudus pernah menempuh tirakat puasa hingga 21 tahun lamanya (tanpa diketahui bahkan oleh putra-putra beliau) demi agar para santrinya di pesantren Yanbu'ul Qur'an betul-betul alim Al-Qur'an. Bahkan menjelang wafatnya, beliau dalam kondisi puasa.

Demi memberkati para santri, ulama zaman dulu menempuhnya dengan tirakat. Mbah Kiai Muhammadun Pondoan Pati pun sama. Entah tirakat beliau apa, pesan yang diberikan kepada para santrinya, -termasuk Bapak saya,- adalah, jika santri mau mondok maraton (tidak berstatus boyong) selama tiga tahun, dijamin akan menjadi tokoh yang dihormati dan ilmunya manfaat. Dan anehnya, jumlah santri beliau selalu 70. Jika boyong satu, masuk satu lagi. Ini maziyyah (keistimewaan) para kiai dalam menjaga dan mendoakan para santrinya. Semua santri Mbah Madun pun, jadi kiai semua. Masyallah.

Bagaimana dengan Mbah Hasyim yang punya jutaan murid di jamiyyah NU? Untuk menjaga agar NU eksis, selamat, langgeng ila yaimil qiyamah, beliau juga tirakat berat sepanjang hayat. Tiap malam Mbah Hasyim shalat hajat dua rakaat. Rakaat pertama, yang dibaca beliau adalah Surat at-Taubah 129 ayat) dan rakaat kedua, yang dibaca Surat al-Kahfi (110 ayat).

Kedua surat itu tidak dibaca tiga kali, tapi 41 kali. Itu dilakukan tiap malam. Jangan tanya berapa waktu yang diperlukan untuk membacanya, sambil shalat. Jika tidak pakai kacamata karamah, Anda tidak akan percaya. Lha wong membaca 1000 kali Fatihah saja butuh waktu 2,5 jam. Kita tidak akan mampu menirunya. Itu karomah.

Untuk siapa Mbah Hasyim melakukan tirakat dahsyat itu? Jelas bukan untuk santri Tebuireng saja, tapi seluruh muhibbin Nahdlatul Ulama (NU), umat Muhammad, Anda, saya, kita semua. Ngece NU, apalagi menuduh NU komunis, liberal, syiah, apakah At-Taubah dan Al-Kahfi nya Mbah Hasyim tidak akan diam? [dutaislam.com/ab]

M Abdullah Badri, alumnus Madrasah TBS dan 
santri Ponpes Mazro'atul Ulum Kudus,
tinggal di Jepara, pengurus LTN NU Jepara 

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB