Dutaislam.com mendukung gerakan deradikalisasi dan anti teror di media sosial!

  • Bolehkah Membayar Zakat Fitrah Dengan Uang? Berapa?

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Rabu, 14 Juni 2017
    A- A+

    Oleh Syahir Mumtaz Alawy

    DutaIslam.Com - Bolehkah membayar zakat fitrah dengan uang? Kalau boleh, zakat fitrah dengan uang berapa? Pertanyaan itu sering muncul menjelang akhir Ramadhan. Hukum membayar zakat fitrah dengan uang itu bermula dari hadits di bawah ini.

    فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - زَكَاةَ الْفِطْرِ, صَاعًا مِنْ تَمْرٍ, أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ: عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ, وَالذَّكَرِ, وَالْأُنْثَى, وَالصَّغِيرِ, وَالْكَبِيرِ, مِنَ الْمُسْلِمِينَ, وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلَاةِ

    Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha' kurma atau satu sha' gandum, atas budak dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan, anak kecil dan orang besar dari kalangan orang Islam. Dan beliau memerintahkan agar ditunaikan sebelum orang-orang pergi menunaikan shalat ". (HR. Bukhari dan Muslim)

    Pengertian tentang zakat fitrah menurut hadist di atas adalah ketentuan wajib bagi setiap muslim untuk membayar zakat; tidak memandang jenis kelamin dan usia. Perhitungan-nya, besar zakat fitrah yang dibayarkan adalah 1 sha' makanan pokok.

    Satu sha' menurut mazhab Maliki setara dengan empat mudm dimana satu mud sama dengan sebanyak isi telapak tangan sedang jika mengisi keduanya dan lalu membentangkannya (lihat Subulus Salam, hlm. 111) atau sama dengan 675 Gram. Satu Sha 'sama dengan 2.700 gram (2,7 kg). (lihat Wahbah al-Zuhaili, Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Beirut, Dar al-Fikr, Tt, Juz II, hlm. 910).

    Menurut mazhab Syafi'i, satu sha' sama dengan 693 1/3 dirham (lihat Al-Syarqawi, Op cit, Juz I, hlm. 371. Lihat juga Al-Husaini, Kifayat al-Akhyar, Dar al-Fikr, Juz I, hlm. 295; Wahbah Al-Zuhaili, Tafsir al-Munir, Dar al-Fikr, Juz II, hlm. 141) yang setara dengan 4 mud (lihat Lisaanul Arab 3/400), atau 2.751 gram (2,75 kg). (lihat Wahbah Al-Zuhaili, Al-Fiq al Islami Wa Adilatuhu, Dar al-Fikr, Juz II hlm. 911).

    Takaran atau ukuran di atas sependapat dengan kalangan mazhab Hambali yang menyatakan bahwa satu sha' sama dengan 2.751 gram (2,75 kg).

    Sementara itu, Imam Hanafi memiliki berpendapat berbeda. Menurutnya, satu sha' adalah 8 rithl ukuran Irak. Satu rithl Irak sama dengan 130 dirham atau sama dengan 3.800 gram (3,8 kg) (lihat Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu karya Wahbah Zuhailli Juz II, hlm. 909).

    Madzhab Hanafi memperbolehkan membayar zakat fitrah dengan harga atau uang yang senilai dengan bahan makanan pokok yang dibayarkan. Sedangkan madzhab Syafi'i, Maliki dan Hambali tidak memperbolehkan.

    Ketiga imam madzhab tersebut hanya mewajibkan menunaikan zakat fitrah dengan makanan pokok seperti kurma dan gandum atau bahan pokok lain yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh penduduk suatu negeri, contohnya beras untuk di penduduk Indonesia.

    Jadi, kalau zakat dengan uang, maka ukurannya harus ikut Imam Hanafi, yakni 3,8 kg, karena yang membolehkan mengganti zakat dengan uang hanya Imam Hanafi saja. Kalau zakat dengan uang dan ukurannya menggunakan standar madhzab Imam Syafi'i, maka amil harus membelikannya dengan beras sesuai harga. [dutaislam.com/ab]

    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: