Di Mesir, Gus Mus Cari Teman, Quraish Shihab Cari Ilmu. Tapi Keduanya Belajar
Cari Berita

Advertisement

Di Mesir, Gus Mus Cari Teman, Quraish Shihab Cari Ilmu. Tapi Keduanya Belajar

Sabtu, 13 Mei 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Dua cendikiawan muslim bertemu berbagi cerita soal kedekatan mereka. Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus dan Muhammad Quraish Shihab bercerita soal persahabatan keduanya.

Rupanya, Gus Mus dan Quraish sudah bertemu sejak 50 tahun lalu di Kairo, Mesir. Ketika itu mereka sedang berkuliah di Universitas Al Azhar. 

"Jadi kalau beliau di Mesir mencari ilmu. Kalau saya mencari kawan. Jadi saya cari kawan yang kira-kira ilmunya bisa saya serap," kata Gus Mus dalam acara diskusi bertema 'Cerita Dua Sahabat' di Masjid Bayt Al Quran, Jalan Kompleks Villa Bukit Raya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (11/5/2017) malam.

Quraish Shihab menanggapi singkat pernyataan Gus Mus. Menurutnya, mencari kawan adalah bagian dari mencari ilmu.

"Yang mencari kawan itu pasti berilmu. Pada saat kita bersahabat, kita saling belajar," ujar Quraish.
Bersahabat sejak lama, keduanya memiliki pandangan mengenai sosok masing-masing. Quraish menyebut Gus Mus sebagai orang yang berhati bersih dan suka bercanda.

"Gus Mus itu, yang saya kenal, hatinya sangat bersih. Tidak pendendam. Sangat halus walaupun suka bercanda. Tapi candaannya tidak menyinggung. Ada nasihat, janganlah menyinggung sahabatmu dengan mengandalkan persahabatan. Gus Mus kalau saya gembira, ikut gembira. Kalau gundah, Gus Mus gundah," ungkapnya.

Gus Mus memandang Quraish selain sebagai sahabat juga sebagai orang yang menjadi panutannya. Sebab, menurutnya Quraish sosok orang yang sangat tekun belajar dan berilmu.

"Saya di bawah jauh beliau, maka saya panggilnya Om. Karena menganggap lebih tua. Beliau di sana tekun sekali, mencintai ilmu sekali. Saya bercanda, main apa-apa dengan beliau tidak takut. Karena beliau berilmu. Ciri-ciri orang berilmu itu kan memahami, tidak mudah menilai salah orang lain," tutur Gus Mus. [dutaislam.com/ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB