Kamis, 13 April 2017

Warga NU Ngajinya Sama Ustadz MTA Lho, Kiai!


Oleh Hamzah Sahal

DutaIslam.Com - Salah satu kerjaan saya di nutizen adalah merayu kiai-kiai atau santri-santri agar pengajiannya direkam dan disiarkan secara langsung. Ini pekerjaan gampang-gampang susah.

Mengenalkan teknologi ke pesantren sudah satu urusan sendiri. Belum lagi menjelaskan manfaat teknologi informasi. Kiai selalu bertanya, apa manfaatnya? Ini pertanyaan dasar yang pasti dilontarkan kiai jika ada "barang baru". Soal politik itu juga pertanyaan kiai-kiai.

Selesaikah urusan jika saya sudah menjlaskan manfaat pengajian online? Belum selesai. Banyak kiai yang mundur.

"Kalau itu jangan saya. Kiai anu lebih pas, lebih layak, kebih senior." Jawaban ini lumrah saya dengar.

Saya dan siapa saja, memang harus sabar membujuk kiai. Tapi kesabaran tidak selalu ada. Nah, jika tidak sabar, saya bilang begini:

"Kiai, kalau ngaji njenengan tidak direkam, tidak dishooting, tidak siaran langsung, jamaah NU dan alumni pondoke njenengan, ngajinya sama ustadz MTA loh."

Kalau sudah saya keluarkan "ancaman" itu, kiai-kiai akan teriak, "Kang, kopine tambah yoh." Apa artinya? Tinggal obrolan teknis.

Ayok, sebarkan ilmu pesantren sampai ujung dunia. Dalam hal ini, Nutizen App Aplikasi Insyaallah mampu jadi teman yang baik. [dutaislam.com/ab]

Hamzah Sahal, Kiai Digital

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini