Dua Rahasia Mbah Maimoen yang Diungkap Gus Dur
Cari Berita

Advertisement

Dua Rahasia Mbah Maimoen yang Diungkap Gus Dur

Minggu, 16 April 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

Oleh Maman Imanulhaq

DutaIslam.Com - Saat Harlah Ponpes Al-Aziziyah Jombang, saya mendampingi Gus Dur menghadiri acara tersebut. Gus Dur sempat berbisik ke saya bahwa Kiai Aziz Masyhuri (penyelenggara acara) merupakan orang tekun dan teliti.

Usai memberi sambutan, Gus Dur kembali berbisik, "saya punya dua rahasia tentang Kiai Maemoen Zubair".

Saya bilang, "Bapak berkenan mendengar Ceramah Mbah Moen atau mau pulang duluan?".

"Nah, rahasia pertama: Kiai Maimoen ini orangnya sangat alim, seorang fakih yang rendah hati. Saya mau mendengarkan beliau," jawab Gus Dur sambil minta diambilkan kacang rebus kesukaannya.

Tetapi baru 15 menit Mbah Moen memberi tausiah, Gus Dur minta meninggalkan tempat. Saya matur untuk pamit ke Kiai Aziz.

Di dalam mobil saya tanya Gus Dur sambil bercanda, "Bapak itu tidak konsisten. Katanya mau dengar dulu Mbah Moen. Eh, minta kundur (pulang)?".

Gus Dur tertawa dengan khas dan menjawab, "saya itu selalu konsisten dalam ketidak-konsistenan. Hahaa. Perubahan itu keniscayaan yang harus disikapi dengan cepat, cerdas dan strategis. Lagi pula saya mau kasih rahasia kedua Kiai Maimoen".

"Apa itu, Pak?", tanya saya penasaran. 

"Kiai Maimoen ini orangnya sangat pintar, tabahhur bi ulumih (ilmunya menyamudera), tapi saking pintar dan ikhlas kalau memberikan tausiah suka panjang, berjam-jam. Anda gak akan kuat. Hehe.".

Subhanallah. Ila Hadratil Gus Dur dan Kiai Aziz. Al Fatihah. [dutaislam.com/ab]

BIOGRAFI SINGKAT GUS DUR | GUS DUR SHOLAWAT | KESAKTIAN GUS DUR | GUS DUR PRESIDEN KE | GUS DUR MUDA | GUS DUR QUOTES | HUMOR GUS DUR 

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB