Dutaislam.com mendukung gerakan deradikalisasi dan anti teror di media sosial!

  • Makam Guru Pendiri NU (Mbah Sholeh Darat) Ditemukan Habib Luthfi di Kendal

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Senin, 20 Maret 2017
    A- A+
    Pengajian akbar peresmian penemuan makam Habib Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy, di Kaliwungu, Kendal, Jateng. (MTVN/ Iswahyudi)
    DutaIslam.Com - Makam salah satu ulama berpengaruh dalam peradaban islam di Indonesia, ditemukan di kompleks permakaman Jabal, Kampung Jagalan, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

    Ulama besar itu adalah Habib Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy. Sosok ini merupakan guru KH Muhammad Saleh bin Umar As-Samarani atau terkenal dengan nama Kiai Soleh Darat.

    Nama yang belakangan disebut merupakan guru dari KH Hasyim Ashari (pendiri Nahdlatul Ulama), dan KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah). Tokoh emansipasi wanita, RA Kartini, juga disebut pernah berguru pada Kiai Soleh Darat.

    Ditemukan Habib Lutfi
    Lokasi makam Habib Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy berada persis di belakang bangunan salah satu pondok Al Fadlu Wal Fadhila, asuhan KH Dimyati Rois (Mbah Dim) Kaliwungu.

    Makam tersebut ditemukan oleh Ketua Jami’ah Ahlu Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdhyin, Habib Muhammad Lutfi bin Yahya, yang juga ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah.

    "Habib Lutfi berkata, di makam ini ada 50 makam lebih ahli dan penghafal Quran yang sampai saat ini jasadnya masih utuh," ujar Kiai Basyarohman, pengasuh ponpes Manbaul Hikmah, saat Pengajian Akbar dalam rangka peresmian makam Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy, di Kaliwungu, Rabu, 15 Maret 2017.

    Gus Basyar menceritakan, penemuan makam bermula ketika Habib Lutfi berziarah ke makam KH Ahmad Badawi di Bukit Jabal, November 2016 lalu. Saat memasuki kompleks pemakaman dan berjalan menuju makam KH Ahmad Badawi, Habib Lutfi mendoakan semua makam yang di Jagalan.

    Tiba-tiba Habib Lutfi berhenti di salah satu makam besar. Di situ, Habib Lutfi berdoa cukup lama. Dia bercerita bahwa di sini adalah makam ulama besar, yakni Habib Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy yang merupakan guru dari Kiai Soleh Darat. "Kami diminta untuk merawat dan memugarkan makam," kata Gus Basyar. [dutaislam.com/ab]

    Source: MetroTV

    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: