Kiai Said: Orang-orang NU Tetap Haul dan Tahlil, Ini Sebabnya
Cari Berita

Advertisement

Kiai Said: Orang-orang NU Tetap Haul dan Tahlil, Ini Sebabnya

Minggu, 12 Maret 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Ketum PBNU dalam Haul Agung Sultan Raden Abdul Fattah Al-Akbar Sayyidin Panotogomo ke-514 di Masjid Demak
DutaIslam.Com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, MA menghadiri Haul Agung Sultan Raden Abdul Fattah Al-Akbar Sayyidin Panotogomo ke-514, di Masjid Demak, Sabtu (11/03/2017) malam. Para kiai dan habaib juga hadir, di antaranya Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan.

"Di tengah gencarnya kelompok yang mengatakan haul itu bid'ah dan ajaran sesat, alhamdulillah muslim Indonesia tidak surut mengamalkan ibadah haul. Inilah kalimatul haqq, shawtul haqq, ashabul haqq," kata Kiai Said Aqil Siroj.

Menurut Kiai Said Aqil, kekuasaan Raden Fattah (Demak) adalah bukti sejarah bagaimana harmonisnya ulama dan umara dalam menguatkan tradisi, budaya, menjaga stabilitas tanah air, sehingga Islam bisa disebarkan dengan baik.

"Tidak mungkin menyebarkan Islam di tengah konflik dan gejolak, karena itu sinergi ulama dan umaro sangat penting bagi perkembangan Islam," kata kiai pengasuh Pondok Pesantren as-Tsaqofah, Ciganjur itu.

Tidak hanya di Demak dan sekitarnya, di daerah-daerah lain pun para pendakwah Islam berbaur dengan tradisi budaya masyarakat dan menjaga harmoni dengan umara demi stabilitas tanah air.

"Syarief Hidayatullah dan Kesultanan Cirebon juga sinergi dengan baik, Kesultanan Lumajang, Kesultanan Perlak, Kesultanan Samudera Pasai juga bersinergi dengan para pendakwah Islam," tandas Kiai Said Aqil.

Kiai Said Aqil pun menegaskan bahwa masa depan Islam Nusantara semakin kuat dan jaya. Masyarakat muslim tidak pernah berhenti tahlil, ziarah, haul, menyambungkan batin spiritualitasnya dengan para wali, ulama dan orang-orang saleh.

"Orang-orang NU tetap haul dan tahlil karena sudah merasakan begitu nikmatnya dekat dengan ulama dan orang-orang saleh," ujar Kiai Said. [dutaislam.com/anw/ksf]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB