Dutaislam.com Mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1439 H. Kamis, 21 September 2017

  • Aktif Jadi Gubernur Lagi, Ahok Datangi Makam Mbah Priuk. Mau Ziarah?

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Rabu, 15 Februari 2017
    A- A+
    Ahok datang ke makam Mbah Priuk
    DutaIslam.Com - Kabar gembira bagi para pecinta Al-Arif billah Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad atau dikenal dengan sebutan populer, Mbah Priuk.

    Setelah konflik puluhan tahun antara Pelindo dan Ahli Waris Mbah Priuk, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi penengah (mediator) antara Pelindo dan Ahli Waris Mbah Priuk, Habib Abdullah Alaydrus yang biasa disapa Habib Sting.

    Hari Selasa (14/02/2017), Ahok bersama pihak berwenang dari Pelindo, BPN, Dinas Pariwisata dan Aspem datang ke Makam Mbah Priuk yang diterima oleh Habib Sting.

    Dalam pertemuan itu, Makam Mbah Priuk telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya dan pihak Pelindo setuju untuk membangun dan mengembangkan Makam Mbak Priuk sebagai cagar budaya.

    Dalam masa kampanye 13 Januari 2017, Ahok mengunjungi makam Mbah Priuk. Waktu itu Ahok sudah berjanji akan menjadikan makam Mbah Priok sebagai salah satu situs wisata ziarah di Jakarta. Dia berencana untuk melengkapi kompleks makam tersebut dengan fasilitas berstandar internasional.

    "Masih ada lahan (kosong sekitar) 3 hektar-an. Jika bisa bangun masjid di sana dan alun-alun luas bisa menampung banyak peziarah maupun turis, jika kami bisa selesaikan masalah lahannya," kata Ahok waktu itu.

    Selain itu, Ahok juga berencana memasang sheetpile atau dinding turap di sana. Sama halnya seperti Masjid Luar Batang, Jakarta Utara. Hal itu dilakukan agar kompleks makam Mbah Priok tidak terkena banjir rob.

    Dalam kesempatan itu pula Ahok berjanji akan kembali mengunjungi makam keramat Priok Al-Arif Billah Al-Habib Hasan bin Muhammad Al-Hadad atau makam Mbah Priok. Hal itu dilakukan setelah dia kembali aktif menjadi Gubernur DKI Jakarta atau selesai cuti kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017.


    "Saya akan datang resmi kembali setelah saya aktif sebagai gubernur. Ke sana dengan membawa pejabat terkait ke makam Mbah Priok," kata pria yang akrab disapa Ahok itu kepada Kompas.com, Jumat (13/1/2017).

    Selasa kemarin, Ahok memenuhi janjinya dengan kembali mengunjungi Makam Mbah Priuk dengan membawa pihak-pihak yang berwenang.

    Konflik Pelindo dan Makam Mbah Priuk pernah memantik kerusuhan di era Gubernur Fauzi Bowo yang disebut "Kerusuhan Koja" pada 14 April 2010 yang dipicu oleh rencana eksekusi tanah kawasan makam Mbah Priok.

    Alhamdulillah, kini konflik itu kita sudah selesai atas mediasi Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan akan menjadikan Makam Mbah Priuk sebagai wisata religi bertaraf internasional. [dutaislam.com/ ed]

    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: