Kamis, 05 Januari 2017

Upgrading Haji 2017, Menag Usul 5 Perbaikan ke Saudi


DutaIslam.Com - Pada 4 Januari 2017  berlangsung pertemuan antara Menteri Agama RI dengan Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi dalam rangka Pembahasan MoU Persiapan Penyelenggaraan ibadah haji tahun 1438H/ 2017M. (Baca: Sudah Jual Tambak Untuk Daftar Haji Lewat Filipina Malah Gagal)

Hadir dalam pertemuan tersebut Dubes RI untuk Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Konsulat Jenderal RI M Hery Saripudin, serta Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil. Tampak hadir juga Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Kepala Pusat Kesehatan Haji Mukhtaruddin dan delegasi Kementerian Kesehatan, serta Staf Teknis Haji KUHI Ahmad Dumyathi Bashori, Arsyad Hidayat, Alhmad Jauhari, dan Handi Adji Sentana.

Menurut Menag, sedikitnya ada lima poin penting yang disampaikan sebagai usulan Indonesia kepada Pemerintah Arab Saudi bagi perbaikan penyelenggaraan ibadah haji. Kelima usulan itu adalah perbaikan tenda dan penyedian penyejuk udara di Arafah, serta penambahan makan pagi atau sarapan pagi bagi jemaah saat di Makkah.

Di samping itu, Menag juga akan mengusulkan agar pemondokan atau hotel jamaah haji Indonesia dapat membuka kafetaria sehingga memudahkan jemaah untuk mendapatkan makanan, khususnya lima hari sebelum dan sesudah puncak ibadah haji.

Usulan lainnya adalah upgrading bus wilayah Masya'ir (Arafah-Muzdalifah-Mina). Menurut Menag, rute Masya'ir adalah satu-satunya layanan transportasi yang belum dilakukan upgrading. Sebab, layanan bus antar kota perhajian dan layanan bus dari bandara Jeddah ke Makkah/Madinah atau sebaliknya, semuanya sudah dilakukan upgrading atau peningkatan kualitas.

Usulan kelima adalah menyediakan pos emergency di Mina sepanjang jalur lontar Jamarat serta penyediaan kursi roda dari tenda Mina ke Jamarat, dan sebaliknya. [dutaislam.com/ ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini