Sabtu, 21 Januari 2017

Menjadi Cerdas dan Berimajinasi Kuat dengan Mainan Edukatif Anak. Orang Tua Wajib Baca!

Wakil Bupati Demak, Drs. Joko Sutanto (kiri) menyerahkan bantuan permainan edukatif anak secara simbolik
dari AMURT Indonesia kepada perwakilan guru PAUD, Kamis (19/01/2017), di Pendopo Kabupaten Demak
(Foto: dutaislam.com/ab)
DutaIslam.Com - Tidak banyak orang tua yang paham tentang mainan untuk bisa menstimulasi anak untuk konsentrasi dalam satu pekerjaan. Apalagi mainan anak yang mendorong mereka mendapatkan aktivitas berhitung, berpikir dan berimajinasi sekaligus, tanpa dirasa berat.

Rata-rata, anak di Indonesia itu suka terhadap mainan yang sudah jadi, atau mainan yang tinggal pakai, semisal motor-motoran, mobil-mobilan atau mainan masakan. Padahal, untuk mendapatkan dorongan berpikir sejak dini, mainan yang bagus dipakai oleh anak-anak adalah jenis mainan yang harus mereka rangkai, disebut manipulate toys (alat mainan cerdas yang bisa direkaya penggunaannya).

Demikian disampaikan oleh Usha Chang, warga Malaysia yang menjadi Konsultan Pendidikan (Education Consultant) Asia Tengara pada Yayasan Ananda Marga Universal Relief Team (AMURT) Indonesia saat hadir dalam penyerahan mainan bagi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pendopo Kabupaten Demak, Kamis (19/01/2017) siang. (Baca: 10 Doa Agar Anak Jadi Sholeh)

Jauh-jauh dari Malaysia, mewakili AMURT, Chang memberikan pengarahan sekaligus mendemonstrasikannya dalam acara penyerahan puluhan paket bantuan permainan anak yang menurutnya sangat berguna untuk membantu aktivitas anak PAUD dalam bermain sekaligus berimajinasi, "alat ini memiliki kelebihan, bisa digunakan bermain sekaligus menggerakkan jari anak biar lentur beraktivitas," kata Chang kepada Dutaislam.com di sela acara Diseminasi Permainan Anak 2017 itu.

Anak-anak PAUD yang ikut dalam acara sengaja diajak merangkai puluhan alat permainan anak yang sudah disediakan panitia. Ada yang bermain merangkai pipa-pipa buatan, jerapah, rumah, pahlawan, gedung, dan lainnya, yang semua menggunakan jari sebagai tumpuan aktivitas, serta nalar sebagai fokus berpikir sesuai imajinasi anak. "Satu-dua bulan akan bisa terlihat perubahan anak dalam fokus," tandas Chang.

Kegiatan bertema "Melejitkan Kreativitas Anak Melalui Bermain" adalah bagian dari kegiatan AMURT Indonesia yang digelar untuk meng-upgrade agar anak-anak di 48 PAUD binaan AMURT bisa terus distimulasi imajinasi mereka lewat Alat Permainan Edukatif (APE).

"Ada Sekitar 350 orang yang ikut berpartisipasi. 174 diantaranya pendidik dan pengelola, serta 96 peserta adalah anak-anak didik dari 48 PAUD binaan AMURT dari Demak dan Semarang," kata Suparmanto, Ketua Panitia kegiatan tersebut, saat menyampaikan laporan panitia.

Anak-anak PAUD bermain fokus berimajinasi dengan alat permainan edukatif, didampingi para guru
"Dalam permainan itu, mereka dibiarkan untuk bebas mengimajinasikan alat mainan yang ada di hadapannya, biar lebih kreatif," ujar Haryono, Direktur AMURT Indonesia. Ia menyatakan, mainan anak edukatif bisa mendorong para guru PAUD lebih kreatif bermain imajinanasi dengan anak, "saya yakin, jika guru sudah terdorong ikut berimajinasi, daun di depan kelas pun akan bisa jadi permainan menarik buat anak, bukan hanya mainan yang kami serahkan ini," paparnya.

AMURT adalah lembaga internasional yang sudah memiliki perwakilan di 34 negara. AMURT Indonesia saat ini sedang fokus di Jawa Tengah dan Sumatra Barat. "Di Jateng, baru membina di Demak dan Semarang," terang Haryono.

Kepada anak-anak PAUD di Demak dan Semarang itulah, bantuan mainan edukatif anak tersebut diserahkan secara simbolik di Pendopo Kabupaten Demak, bersama Wakil Bupati Demak, Drs. Joko Sutanto.

Hadir dalam kesempatan itu jajaran Dinas Pendidikan Kota Semarang, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Demak dan jajarannya, Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Dinas Sosial Kab. Demak serta jajaran pengurus HIMPAUDI Kab. Demak dan Kota Semarang. Mari beralih ke permainan yang membutuhkan anak merangkai sesuai imajinasi! [dutaislam.com/ ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini