Senin, 30 Januari 2017

Ketika Orang Awam Bingung Ikut Pengajian Kelompok Mana


Oleh Kiai Abdi Kurnia Djohan

DutaIslam.Com - Pak, pemahaman Islam yang benar itu seperti apa sich? Saya belajar ke kelompok A yang saya dapat di situ hanya amalan keutamaan saja, seolah agama seperti sarana pencuci dosa. Saya belajar ke kelompok B yang saya dapat di situ cuma bahasan tentang konspirasi dan diajar pintar mengolah isu politik.

Lalu, saya belajar ke kelompok C yang saya dapat cuma paham mutungan. Semua disalahkan, bahkan keadaan pun disalahkan. Padahal, keadaan itu kan mengikuti waktu. Saya heran kenapa juga gak sekalian waktunya yang disalahkan? Atau jangan-jangan kelompok C itu lahir di waktu yang salah? Malah, saya pikir lagi jangan-jangan mereka yang salah lahir? Kenapa juga sekarang baru lahir?

Terus pak, saya belajar ke kelompok D. Yang saya dapat di situ cuma penyesalan sejarah. Tiap pertemuan yang dibahas cuma ratapan terbunuhnya seseorang. Saya heran pak, kok beragama isi cuma ratapan ya? Yang biasa saya tonton di sinetron-sinetron, setelah ratapan itu biasanya yang muncul amarah itu.

Terus saya belajar ke kelompok E, yang saya dapat di situ cuma dorongan untuk maju. Saya juga gak ngerti bagaimana saya bisa maju wong saya juga gak ada yang dorong.

Bosan di kelompok E, saya ke kelompok F. Di sini lebih hebat pak. Cuma setelah saya pikir-pikir, saking hebatnya kok rasanya bakal jadi Perang Dunia ketiga ya? Atau jangan-jangan kelompok ini panitia penyelenggaranya?

Sudah bosan di situ, saya ngaji ke kelompok G. Ini hampir mirip kelompok B pak. Cuma mimpinya menurut jauh banget. Ya, semacam membentuk Uni Eropa versi Islam gitu dech. Tapi, yang jadi pertanyaan saya pak. Boro-boro bikin seperti Uni Eropa pak, mempersatukan pemilik warung sekelurahan untuk nolak Alfamart dan Indomart saja mereka belum bisa pak. Malah bikin warung besar di rumahnya saja belum tentu sukses pak. Pusing saya.

Terus saya ikut ngaji ala kelompok H pak. Ini lebih pusing lagi. Apa saja boleh pak di situ, kecuali paham kelompok B, kelompok C, kelompok F, dan kelompok G. Kadang saya sampai mikir, liberal kok gak bebas?

Sudah 8 kelompok pengajian saya ikuti. Itu belum yang lain. Saya jadi bingung pak. Yang bener-bener mengamalkan ajaran Islam itu yang mana ya? Kadang yang bilang "jangan merasa benar" juga gak bisa tunjukkan bagaimana yang benar.

Demikian curahan hati seseorang yang mengaku awam kepada saya tadi pagi. [dutaislam.com/ ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini