Selasa, 24 Januari 2017

Ini Foto Asli Mbah Kholil Bangkalan. Yang Beredar Adalah Foto Raden Kammuk

KH Zubair Muntashor menunjukan foto asli Syaichona KH Mohammad Kholil.
(foto: Doni Heriyanto/TIMESindonesia)
DutaIslam.Com - Banyak kalangan yang mempertanyakan kebenaran foto ulama kharismatik Syaichona KH Mohammad Kholil Bangkalan, Madura. Sebab, foto-foto yang selama ini beredar luas di internet bukanlah foto Kiai Kholil yang asli.

"Jadi harus diluruskan bahwa foto itu bukan Kiai Kholil. Tapi foto orang lain, namanya Din Kammuk (Raden Kammuk)," kata Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Kholil Bangkalan, KH Zubair Muntashor, pada TIMES Indonesia, Senin (23/01/2017).

KH Zubair Muntashor menuturkan Raden Kammuk semasa hidupnya merupakan Khotib Khutbah Jumat di Masjid Agung Sultan Kadirun Bangkalan. Rumahnya, di Jalan Jokotole II RT 12 Kelurahan Demangan.

"Kekeliruan foto terjadi karena Raden Kammuk memiliki nama lahir yang sama dengan Syaichona KH Mohammad Kholil yakni Holil bin Zainal Alim," jelasnya.

Menurut cicit Syaichona KH Mohammad Kholil ini, saat awal foto itu beredar, keluarga 'bani Kholil' tidak bisa mengklarifikasi ihwal foto itu karena tak satu pun keluarga yang memiliki foto asli Syaichona KH Mohammad Kholil.

Ketika fotonya diupload ke internet, banyak kalangan yang menganggap sosok Raden Kammuk adalah Syaichona KH Mohammad Kholil. Karena pada keterangan caption, orang dalam foto tersebut hanya disebutkan KH Kholil Bangkalan.

"Hanya menurut sejumlah cerita, salah satu cicitnya yaitu KH Mohammad Kholil AG, pendiri Pondok Pesantren Ibnu Kholil, wajahnya sangat mirip dengan Syaichona KH Mohammad Kholil yaitu wajah ke arab-araban dengan hidung mancung," tuturnya.

Sekitar dua bulan lalu, tutur Kiai Zubair, ada seorang warga Bangkalan yang bekerja di kapal pesiar, sempat berkunjung ke musium di Den Haag, Belanda. Dia kemudian memotret beberapa foto tentang Bangkalan yang ada di musium tersebut. Salah satunya, foto Adi Pati Bangkalan bersama sejumlah tokoh di depan Pendopo. [dutaislam.com/ ab]

Source: TIMESIndonesia.com

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini