Rabu, 25 Januari 2017

Darurat Ngaji di Sebelah: Belajar Faroidl Kok Disebut Aliran Aneh, Hei, Itu Ilmu Waris Bung!

DutaIslam.Com - Muslim Indonesia benar-benar darurat kebodohan. Dibalik semangat mengajak orang lain untuk melakukan shalat Jamaah Subuh bernuansa politik, mereka ternyata nihil ilmu agama dan apalagi ilmu warisan pesantren.

Sebuah broadcast menunjukkan hal itu. Di grup BBM bernama Pembela Ulama, ada percakapan lucu seorang laki-laki mengajak temannya berjamaah Subuh di Al-Falah. Entah yang dimaksud ini daerah mana, Dutaislam.com belum berhasil melacak keterangan pasti.

Karena shalat Jamaah Subuh yang dilanjutkan dengan taushiyah Habib Rizieq dan Bachtiar Natsir itu lanjut sampai siang, teman yang diajak itu mengaku tidak bisa dengan alasan punya jadwal ngaji Faraidl, yakni ilmu tentang pembagian harta waris orang yang sudah meninggal.

Namun, bukannya memaklumi, laki-laki "mujahid subuh" itu justru mengatakan, "ngapain ngaji ilmu gak jelas mas, ngaji itu quran hadits dan fiqih saja, jangan ditambahi aliran aneh-aneh," tulisnya membalas udzur santri Faraidl tersebut.

Ngaji Ilmu Faroidl Dianggap Aliran Aneh
Duh, gusti! Kok ada manusia yang begitu semangat berislam tapi tidak punya sikap tawadlu kalau dia sedang tidak tahu. Dutaislam.com memastikan kalau laki-laki "mujahid subuh" tersebut bukan santri. Di kalangan pesantren, Ilmu Faraidl adalah cabang daripada ilmu Fiqih, sebagaimana disarankan ngaji oleh "mujahid subuh" tersebut di atas.

Faraidl adalah ilmu primer yang wajib dipelajari santri. Di dalamnya mengandung kebajikan sosial agar pembagian harta waris di kalangan umat Islam tidak menyebabkan konflik, sebagaimana yang selama ini disulut, termasuk menyulut konfliknya menggunakan "mari sholat subuh berjamaah". Awalnya sholat, usai itu, mencaci maki dan mengajak membenci orang lain.

Dalam Ilmu Faraidl, konflik sangat dihindari. Karena tujuannya untuk meminimalisir konflik atas harta waris itulah, -sesuai tuntunan Al-Qur'an dan Hadits,- Ilmu Faraidl adalah fan pengetahuan Islam yang akan dicabut pertama kali dari bumi ini oleh Allah.

Ilmu ini akan terus terasing. Buktinya, laki-laki "mujahid subuh" tersebut sampai menyebut aliran aneh-aneh. Sekarang ini, ilmu paling laris adalah ilmu "sulut konflik". Jika Anda mengajak orang untuk membenci Kristen, Cina, Kafir, Yahudi, kawan Anda akan banyak. Ya Allah, capek melihat "mujahid subuh" tolol begitu. [dutaislam.com/ ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini