Selasa, 20 Desember 2016

Teriak Allahu Akbar, Pria Ini Tembaki Dubes Rusia di Turki

Tembak Dubes Rusia: Pria ini acungkan tangan dengan takbir
(Sumber foto: news.okezone.com)
DutaIslam.Com - Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Turki, Andrey Karlov, ditembak oleh orang tidak dikenal saat mengunjungi pameran seni di Ibu Kota Ankara. Insiden tersebut dikabarkan oleh pihak Kedutaan Besar Rusia di Ankara, Turki.

Seperti dimuat Hurriyet Daily News, Senin (19/12/2016), Karlov ditembak saat sedang memberikan pidato dalam pameran lukisan tersebut. Kelompok radikal diyakini berada di balik penembakan tersebut. Menurut laporan kontributor CNN Turki, Karlov berada dalam kondisi kritis.

Sejumlah foto yang beredar di media sosial, terutama Twitter, menunjukkan pelaku tengah mengacungkan senjata ke udara. Pelaku yang belum diketahui identitasnya itu menyamar sebagai polisi saat hendak masuk ke dalam gedung. Meski menggunakan setelan jas, pelaku menunjukkan kartu identitas kepolisian.

"Kami mendapat informasi dari saksi mata, pelaku memperkenalkan dirinya sebagai petugas polisi, yang dibuktikan dengan kartu identitas di pintu masuk. Informasi ini sedang kami dalami," ujar sumber dari militer Turki, seperti dimuat Russia Today, Selasa (20/12/2016), sebagaimana dilansir Dutaislam.com dari situs Okezone.com

Pelaku sempat melakukan tembakan ke udara sebelum mengarahkan senjatanya ke Karlov. Pelaku juga berbicara dalam bahasa Rusia dan menghancurkan sejumlah foto yang digantung di pameran tersebut. Pria itu sempat menyebut aksinya dilakukan sebagai bentuk protes terhadap aksi Rusia di Aleppo, Suriah.

Para pengunjung langsung melarikan diri setelah mendengar tembakan ke udara. Pelaku kemudian menembak Andrey Karlov. Pelaku diperkirakan masih berada di dalam gedung pameran sehingga Andrey Karlov belum berhasil dievakuasi menuju rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Pasukan Khusus Turki diterjunkan untuk mengepung tempat kejadian perkara. Sejumlah saksi mata menuturkan, baku tembak tengah terjadi di gedung pameran tersebut. Sejumlah orang juga diketahui luka-luka dalam insiden tersebut.

Dubes Rusia: Terkapar setelah ditembaki
Sumber foto: http://www.mirror.co.uk/
Andrey Karlov sendiri sudah dilarikan ke rumah sakit setelah sempat mendapat perawatan di lokasi kejadian. Insiden penembakan tersebut juga melukai tiga orang lainnya. Para korban sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Serangan terjadi satu hari sebelum Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu bertolak ke Rusia untuk membahas krisis Suriah. Cavusoglu dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Moskow.

Kabar yang diterima Dutaislam.com, pria yang menembak Duta Besar Rusia tersebut sudah tewas. terlihat dalam foto di bawah ini, ia terkapar dengan luka tembakan di perutnya. Video penembakan sudah ada di Twitter. Ada juga di link di bawah foto ini. [dutaislam.com/ ab]

Pria yang menembak Dubes Rusia
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini