Rabu, 14 Desember 2016

Sandiwara Ahok Dipeluk Sang Kakak Lagi Nangis (?)

DutaIslam.Com - Beredar foto seorang perempuan memeluk Ahok yang sedang sedih karena kasus hukum dugaan penistaan agama. Menurut berita di Detikcom, nama perempuan tersebut adalah Nana Riwayatie, kakak angkat Ahok.

Dalam berita yang beredar di media-media online, adegan mengharukan tersebut terjadi pasca sidang. "Usai sidang, wajah Ahok pun masih tampak sedih. Kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, sampai memeluk Ahok dari belakang dan menenangkannya," tulis Detikcom kemarin (13/12/2016).

Namun, di media sosial, ada caption yang menyebutkan kalau foto tersebut terjadi sebelum persidangan. Perempuan berjilbab merah dengan pakaian warna biru tersebut tidak menampakkan wajahnya dalam foto.

Di media-media lain pun, tidak ada foto di ruangan tersebut yang diambil dari sisi yang berbeda. Fotonya tunggal, adegan pelukan cuma ada dua yang didapatkan Dutaislam.com. Ini dua foto tanpa penampakan wajah perempuan tersebut.

Foto Ahok dipeluk kakak (1)
Foto Ahok dipeluk kakak (2)
Dutaislam.com tidak berhasil menemukan siapa sumber pertama pemilik foto Ahok dipeluk tersebut. Jawapos.com yang membuat berita tersebut hanya menyebut kalau foto itu awalnya hanya beredar di kalangan wartawan. "Melalui foto yang beredar di kalangan wartawan....", tulis Jawapos.com.

Demikian juga Poskotanews.com. Foto yang dimuat di situs tersebut hanya menyatakan, "Foto ini beredar di grup Whatsapp wartawan. Tampak seorang polisi ikut duduk di sisi lainnya dari kakak beradik itu," terang situs tersebut.

Sekelas Detikcom juga hanya membuat berita dari sumber foto yang tidak jelas. "Dari foto yang diperoleh detikcom, Selasa (13/12/2016), Ahok tampak terduduk di salah satu ruangan di gedung lama PN Jakpus, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Wajahnya tampak sedih," begitu Detikcom mengulas.

Sementara, komentar Nana bukan diperoleh dari yang bersangkutan, tapi dari pengacara. "Kak Nana bilang 'Sabar dan tetap tenang. Semua sudah diatur Tuhan'," kata pengacara Ahok, Ronny Talapessy menirukan ucapan Nana usai sidang di gedung lama PN Jakpus, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2016)," lanjut berita di Detikcom.

Karena sumber fotonya tidak jelas itulah, kalangan Anti Ahok menyebut kalau foto tersebut hanyalah sandiwara politik untuk pencitraan Ahok di mata publik. Mereka tidak percaya jika shoot kamera foto tersebut diambil tanpa sengaja sesuai angle adegan seperti nampak dalam foto.

Bahkan ada keterangan yang menyebutkan kalau Nana, kakak Ahok adalah perempuan yang pura-pura tampil berjilbab hanya untuk beradegan foto. Nana disebut mereka datang jauh-jauh dari Amerika untuk tujuan foto nangis dengan Ahok, yang menurut mereka, diambil bukan di persidangan, bahkan sebelum sidang dilakukan. Ini pendapat anti Ahok.

Adegan foto Ahok dipeluk kakak
Menurut foto di atas, Nana adalah artis sinetron yang pernah membintangi Tiga Dara Mencari Cinta (1980) dan Tomboy (1981). Ada persiapan adegan juga, "kamera, roll, action!", lengkap dengan laki-laki yang siap menshoot fotonya itu.

Foto Ahok masih di ruang foto ia dipeluk kakaknya.
Kakak Ahok berfoto
Di grup WhatsApp Ukhuwah Islamiyah juga ada yang berpendapat nyinyir kepada kakak Ahok tersebut. Entah karena benci Ahok atau dia kenal kakaknya, sampai ada yang memajang foto kakak Ahok sedang beradegan yang menurut mereka tidak pantas, seperti penampakan di atas. Hati-hatilah dengan foto-foto tanpa sumber jelas. [dutaislam.com/ ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini