Melek Digital Agar Tahu Info Valid dan Hoax
Cari Berita

Advertisement

Melek Digital Agar Tahu Info Valid dan Hoax

Sabtu, 17 Desember 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Pertumbuhan teknologi digital dan media sosial membawa dampak signifikan bagi kehidupan manusia. Di Indonesia, internet dan komunikasi media sosial berdampak penting pada terbukanya interaksi antar warga, lintas kelompok dan geografis.

Namun, yang tidak disadari, interaksi media sosial tidak dibarengi dengan kecerdasan bermedia dan analisa yang mendalam. Media sosial, kini lebih banyak berisi perdebatan, fitnah dan konten hoax.

Untuk merespon ini, jaringan Santri Cyber menggelar Workshop Literasi Digital, di Pesantren An-Nur Malang, pada Sabtu (17 Desember 2016). Agenda ini, dihadiri oleh narasumber Hasan Chabibie (Pustekkom Kemdikbud), Hasan Abadi, M.AP (Rektor UNIRA Malang), Munawir Aziz (LTN PBNU) dan Abdullah Hamid (PP RMI NU/Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya).

Agenda ini, didukung oleh jaringan komunitas santri: Admin Instagram Santri (AIS) Jawi Wetan, MATAN Malang, Islami.co dan Jejak Pesantren.

Dalam agenda ini, Hasan Habibie mengingatkan pentingnya kecerdasan bermedia sosial dan interaksi di internet. "Saat ini, pertumbuhan teknologi internet luar biasa, yang berdampak pada tingginya interaksi media sosial. Namun, hal ini belum dibarengi dengan kecerdasan bermedia, tabayyun dan cross-check sumber," ungkap Hasan.

Lebih lanjut, Hasan Habibie mengajak netizen untuk cerdas bermedia. "Kita perlu menebar inspirasi di media sosial dengan menumbuhkan literasi digital. Untuk apa? Agar dapat membedakan informasi, data, dan sumber keterangan yang valid. Bukan, terjebak pada hoax dan fitnah. Kita bisa membedakan berita fitnah dan jurnalisme yang inspiratif," jelas Hasan.

Dalam keterangan Hasan Chabibie, Gerakan Literasi Digital penting untuk mendorong tumbuhnya kecerdasan bermedia sosial dan komunikasi di era digital.

Hasan Abadi, Rektor UNIRA Malang, mengungkapkan pentingnya generasi muda untuk berkompetisi di era digital. "Sudah saatnya kita bergerak maju dengan menggunakan teknologi. Generasi muda kita, harus bergerak membangun start-up yang menginspirasi," jelas Hasan Abadi.

Gerakan Literasi Digital merupakan strategi untuk menumbuhkan kesadaran berinternet secara sehat dan cerdas. [dutaislam.com/ ainurrofiq]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB