Lebih Utama Mana Shalat di Rumah dan di Masjid?
Cari Berita

Advertisement

Lebih Utama Mana Shalat di Rumah dan di Masjid?

Kamis, 29 Desember 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Gambar ini hanya ilustrasi, jangan dituduh menistakan agama ndek, sumbu pendek!
DutaIslam.Com - Dalam hal ini ulama menjelaskan, laki-laki lebih utama melaksanakan shalat fardhu berjamaah di masjid dan perempuan lebih utama melaksanakan shalat fardhu berjamaah di rumah. Penjelasan ini dapat kita lihat dalam kitab I’anatut Tholibin karya Syaikh Abu Bakr bin Muhammad Ad-Dimyathi juz 2 hal. 5 sebagai berikut:


قوله: والجماعة في مكتوبة لذكر بمسجد أفضل-- وذلك لخبر: صلوا - أيها الناس - في بيوتكم، فإن أفضل الصلاة صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة.…….. وخرج بالذكر المرأة، فإن الجماعة لها في البيت أفضل منها في المسجد

Artinya: "(Ungkapan Syaikh Zainuddin Al-Malibari: Shalat Fardhu berjamaah di masjid lebih utama bagi laki-laki), hal tersebut berdasarkan hadits: shalatlah kalian di rumah-rumah kalian karena shalat yang paling utama adalah shalatnya seseorang di rumahnya kecuali shalat fardhu……dan di sini terdapat pengecualian bagi perempuan. Untuk perempuan shalat berjamaah lebih utama dilaksanakan di rumahnya dari pada di masjid".

Kemudian, terkait shalat berjamaah untuk suami istri, dalam kitab Hasyiyah Al-Bajuri Ala Syarhi ibn Qosimkarangan karya Syaikh Ibrahim Al-Baijuri pada juz 1 halaman 250, disebutkan begini:

 وتحصل فضيلة الجماعة بصلاته بزوجته أو نحوها بل تحصيله الجماعة لأهل بيته أفضل

Artinya: "Seorang laki-laki juga mendapatkan keutamaan shalat berjamaah dengan melaksanakannya bersama istri atau keluarga yang lain, bahkan pelaksanaan shalat berjamaah bersama keluarga di rumahnya lebih utama."

Sederhananya, bagi perempuan, shalat di rumah itu lebih afdhal walaupun tidak dilarang. Bagi laki-laki, jika di rumah bisa melaksanakan jamaah bersama istri dan anak, itu justru lebih bagus untuk mendidik keluarga. Jika di rumah dikuatirkan justru tidak bisa berjamaah, di masjid bukan larangan. [dutaislam.com/ ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB