Kisah Mar'ie Muhammad Tolak Duit 400 Juta
Cari Berita

Advertisement

Kisah Mar'ie Muhammad Tolak Duit 400 Juta

Minggu, 11 Desember 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

Oleh Hamid Basyaib

DutaIslam.Com - Sebagai Menteri Keuangan di pertengahan 90-an, Mar'ie Muhammad berkunjung kerja ke sebuah BUMN kehutanan di Sumatera. Malam sebelum rapat, seorang staf perusahaan mengantarkan cek senilai Rp 400 juta ke hotel Mar'ie.

"Itu uang apa?" tanya Menkeu Mar'ie.
"Itu bonus untuk Bapak (sebagai komisaris yang mewakili pemerintah). Sebab laba perusahaan tahun ini sangat baik."
"Oh, taruh saja di meja itu."

Besok paginya, Komisaris Mar'ie hadir dalam rapat BUMN tersebut, mendengarkan paparan tentang kondisi keuangan perusahaan dengan terinci.

Sebagai akuntan tangguh, Mar'ie bertanya macam-macam detail kinerja finansial kepada direksi yang melaporkan dengan gembira tentang bagusnya kinerja bisnis perusahaan.

Pertanyaan tentang akuntansi dari Mar'ie sangat tajam dan gamblang hingga membuat direksi kewalahan, dan akhirnya sampai pada kesimpulan: perusahaan tahun ini sebetulnya rugi, bukan untung.

"Kalau rugi seperti ini, kenapa perusahaan bisa kasih saya duit 400 juta?", kata Mari'e Muhammad. 

Tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan Mar'ie itu. Cek Rp 400 juta pun dikembalikannya dan diterima oleh pemberinya dengan sepenuh malu.

Cerita itu dituturkan kepada saya oleh Alm Nurcholish Madjid dengan wajah berseri-seri. Ia tidak mampu, dan memang tidak mau, menutupi kebanggaannya karena punya sahabat sejujur Mar'ie Muhammad, mantan sekjennya ketika Cak Nur menjabat Ketua Umum PB HMI.

Bang Mar'ie, izinkan saya menuliskan kisah-kisah kejujuran ini, ya, meski saya tahu Abang tidak terlalu suka hal-hal seperti ini disebarkan. Saya tahu, bagi Abang, kejujuran standar semacam itu biasa saja, bukan suatu heroisme yang patut dipuji.

Bang Mar'ie telah pergi. Tapi monumen kejujurannya tetap tinggal di sini. Biar kami bisa sesekali berkaca. Sebab kami tak jarang lupa tentang ahlaq azasi itu. [dutaislam.com/ ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB